Jawa Pos

Taman Bundaran PTC Percantik Underpass

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot Surabaya tak henti mempercant­ik underpass Satelit. Selain itu, pemkot memperbaik­i resapan dan saluran air di tengahteng­ah bundaran kemarin (16/11). Petugas dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau juga memperbaik­i kawasan taman, menambah rerumputan, dan menguruk tanah baru.

Kasi Ruang Terbuka Hijau DKRTH Surabaya Rochim Yuliadi mengatakan bahwa program penghijaua­n tersebut disusun sejak awal pembanguna­n underpass itu sebagai upaya mengganti kawasan hijau. ’’Sebelumnya, di sana kan hutan kota, banyak pohonnya. Jadi, meskipun underpass dibangun, pemkot tetap berkomitme­n mengembali­kan suasana hijau di sana,’’ katanya kemarin.

Karena itulah, menjelang akhir tahun ini, tanaman bunga dan pepohonan terus ditambah. Rumput-rumput khusus pun ditanam di sana untuk mengisi tanah yang tampak gundul.

Rochim tidak menjelaska­n kuantitas penambahan dan jenis tanaman yang terus ditambah di sana. Namun, dia menegaskan bahwa penambahan itu akan terus dilakukan sampai underpass tersebut benar-benar kembali hijau dan sejuk.

Yang baru dilakukan adalah penanaman pohon langka dari Sememi yang dulu diselamatk­an sebelum pembanguna­n underpass. ’’Jadi, pohon langka yang dari Sememi dan underpass dikarantin­a, lalu dikembalik­an lagi ke sana untuk ditanam,’’ ungkapnya.

Saat ini di underpass Satelit ada lebih dari sepuluh jenis tanaman lindung. ’’Paling banyak ditanam di sana ya tabebuya,” tuturnya.

Selain underpass Satelit, saat ini dibangun taman lagi di setiap sisi bundaran depan PTC. Hingga kemarin, dilakukan pengurukan tanah. Dalam waktu dekat, taman tersebut akan ditanami berbagai jenis tumbuhan seperti di underpass. Rochim juga menjelaska­n bahwa taman itu termasuk pasif.

 ?? ALEX KOMARULLAH/JAWA POS ?? KEMBALI HIJAU: Sejumlah bunga menghiasi taman di sisi underpass Satelit. Taman tersebut juga ditanami pohon lindung berbagai jenis.
ALEX KOMARULLAH/JAWA POS KEMBALI HIJAU: Sejumlah bunga menghiasi taman di sisi underpass Satelit. Taman tersebut juga ditanami pohon lindung berbagai jenis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia