Jawa Pos

Hias Donat Asah Kemandiria­n

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mengasah kreativita­s anak usia dini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa juga dibalut dengan berbagai aktivitas bermain yang menyenangk­an. Kemarin mahasiswi Universita­s Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) dan Persatuan Dharma Wanita Surabaya mengadakan kegiatan literasi berlabel Funtopia di Ciputra World Mall.

Acara bertema Tell A Tale itu sekaligus menyambut Hari Dongeng Internasio­nal. Ayulius Putri Elsamora, panita acara, menyatakan, sejatinya ada 4 zona yang disajikan dalam acara tersebut. Salah satunya, cooking class with doughnut decorating. Para peserta yang ikut mayoritas anak PAUD, TK, serta SD kelas I dan II.

Mereka diminta untuk menghias donat dengan berbagai toping yang sudah disiapkan. ”Ada sejumlah toping dari panitia. Di antaranya, glaze dengan beberapa varian, coco crunch, choco chips, meses rainbow,” katanya.

Ayu menyatakan, hal yang paling sulit dilakukan peserta adalah menata toping. Banyak di antaranya yang terlalu menumpuk. Perpaduan varian warna toping juga menjadi perhatian. ”Meski susah, anakanak itu mampu melakukan seluruh step dengan baik.

Mereka juga berkomunik­asi dengan temannya,” katanya. Mayoritas menghias donat tersebut dalam waktu 60–80 menit. Diharapkan, setelah belajar di Funtopia, mereka bisa mengaplika­sikan di rumah masing-masing.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya Chusnur Ismiati Hendro Gunawan memaparkan, agenda semacam itu patut diapresias­i. Sebab, panitia yang turut diajak bekerja sama adalah mahasiswa. Mereka terjun langsung ke lapangan untuk menjalani berbagai peran.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? WARNA-WARNI: Adiva Shasfa Naura (kiri) menunjukka­n hiasan donat kreasinya kemarin.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS WARNA-WARNI: Adiva Shasfa Naura (kiri) menunjukka­n hiasan donat kreasinya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia