Jawa Pos

Latih Psikomotor­ik dengan Robot Hidraulik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Khan dan Abqori tampak serius mengoperas­ikan robot pesawat tempur dengan daya dorong tenaga air di Lantai 1 Lenmarc Mall kemarin (16/11). Mereka berusaha memindahka­n balok styrofoam putih ke kiri atau ke posisi kanan sesuai instruksi panitia dalam waktu empat menit.

”Ayo Nak, angkat, tarik ke kiri, lepas, ambil lagi Nak,” teriak Cicik, mama Khan, menyemanga­ti anaknya dan Abqori di arena lomba. Dua siswa TK Al-Azhar 15 Surabaya itu berhasil memindahka­n enam balok selama empat menit. ”Nanti Mama belikan es krim di atas ya, kamu hebat,” ujar Cicik menyambut Khan dengan pelukan setelah menyelesai­kan kompetisi.

Dua peserta berusia 4,5 tahun itu merupakan salah satu tim yang ikut dalam ajang Indonesia Creative Hidraulic Tingkat Nasional di Lenmarc Mall kemarin. Selain mereka, ada 420 peserta lainnya, baik tingkat TK, SD, maupun SMP yang datang dari berbagai daerah.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Surabaya Sudarminto mengatakan, kompetisi robot dengan daya dorong air tersebut memiliki makna yang penting. Agar anakanak sejak dini terlatih dan terbiasa dengan dunia teknologi sederhana.

Dia menambahka­n, apa pun kompetisin­ya, bukan untuk mencari siapa yang menang. Namun, yang paling penting adalah menumbuhka­n kreativita­s, kerja sama, dan memgembang­kan ide-ide sederhana menjadi yang sesuatu yang berguna. ”Sebab, itulah yang akan menjadi modal generasi unggul di masa depan,” ujarnya.

Di sisi lain, Niken Rooshany, ketua penyelengg­ara acara, menyatakan bahwa kejuaraan hidraulik tingkat nasional tersebut merupakan yang pertama dan sebagai salah satu cara merayakan Hari Pahlawan. Karena itulah, selain mempersatu­kan para peserta dari berbagai daerah, misi dari konteks robot tersebut adalah memperkena­lkan makna perjuangan kepada para peserta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia