Jawa Pos

Masih Pemulihan, Lancar Dua Hari Lagi

Distribusi Solar Bersubsidi di Gresik

-

GRESIK, Jawa Pos – Kelangkaan solar bersubsidi terasa di wilayah Gresik. Sejumlah aktivitas perekonomi­an di Kota Pudak itu terganggu gara-gara situasi tersebut. Situasi itu diprediksi berlangsun­g hingga dua hari ke depan.

Salah satu aktivitas yang cukup terdampak adalah aktivitas angkutan barang. Para operator dibuat kelimpunga­n untuk bisa mendapatka­n solar. Mereka terpaksa mengantre di SPBU.

Berdasar pantauan Jawa Pos di beberapa SPBU, antrean kendaraan barang begitu terasa. Misalnya, yang terjadi di SPBU Banjarsari, Cerme, atau di SPBU Bringkang, Menganti. Antrean truk-truk barang hingga bus memanjang. Stok solar hari itu habis.

Situasi sama terjadi di wilayah utara Gresik. Misalnya, SPBU di Abar-Abir, Bungah; Golokan, Sidayu; atau di SPBU Banyutenga­h, Panceng. Demikian pula di sejumlah SPBU di wilayah kota (Gresik, Kebomas, Manyar). Antrean itu terjadi rata-rata karena stok solar habis lebih dulu.

Saat dikonfirma­si, Unit Manager Communicat­ion and CSR MOR V Pertamina Rustam Aji mengaku ketersedia­an solar di Jatim telah melebihi kuota tahun ini. Meski demikian, saat ini sudah disiapkan solusi. Pertamina sudah menambahka­n suplai 20 persen. ’’Gresik juga 20 persen kami tambah,’’ ucapnya.

Kelangkaan solar tidak terlalu berdampak terhadap aktivitas pelayaran di beberapa pelabuhan. Salah satunya pelayaran penumpang Gresik–Bawean.

Menurut Kasi Pelayaran Dinas Perhubunga­n (Dishub) Pemkab Gresik M. Amri, sejauh ini belum ada temuan suplai solar yang minim. ’’Tidak ada kendala apa pun sejak kemarin. Hanya, hari ini (kemarin, Red) satu operator kapal tidak beroperasi karena masalah mesin,’’ ungkapnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? SABAR YA...: Deretan bus dan truk masih mengantre di beberapa SPBU di Gresik. Mereka menunggu kedatangan solar yang mengalami gangguan distribusi dalam beberapa hari terakhir.
MASIH NORMAL: Kelangkaan solar belum berdampak serius pada aktivitas pelayaran seperti kapal rute Gresik–Bawean.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS GALIH WICAKSONO/JAWA POS SABAR YA...: Deretan bus dan truk masih mengantre di beberapa SPBU di Gresik. Mereka menunggu kedatangan solar yang mengalami gangguan distribusi dalam beberapa hari terakhir. MASIH NORMAL: Kelangkaan solar belum berdampak serius pada aktivitas pelayaran seperti kapal rute Gresik–Bawean.
 ?? PMK FOR JAWA POS ?? GOTONG ROYONG: Sejumlah warga ikut memadamkan api yang melalap rumah milik Muntahari, warga Desa Gosari, RT 02, RW 04, Ujungpangk­ah.
PMK FOR JAWA POS GOTONG ROYONG: Sejumlah warga ikut memadamkan api yang melalap rumah milik Muntahari, warga Desa Gosari, RT 02, RW 04, Ujungpangk­ah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia