Jawa Pos

Ditinggal Pergi, Dapur Ludes Terbakar

-

GRESIK, Jawa Pos – Rentetan insiden kebakaran terus terjadi. Terbaru, si jago merah melalap sejumlah bagian rumah milik Muntahari, warga Desa Gosari, RT 02, RW 04, Ujungpangk­ah. Untung, warga sekitar langsung tanggap memadamkan api di rumah yang ditinggal pergi penghuniny­a itu. Tak ada korban dalam insiden tersebut.

Informasi yang dihimpun, insiden itu terjadi sekitar pukul 13.00. Hadi Prayitno, tetangga Muntahari, adalah orang yang kali pertama mengetahui. Awalnya, Hadi mencium bau sesuatu yang mencurigak­an. Dia mencari tahu asal bau tersebut.

Benar saja, di balik jendela rumahnya, api sudah membakar dapur Muntahari. Melihat kondisi itu, dia langsung berteriak meminta bantuan. Warga pun berusaha melakukan pemadaman.

Tak lama kemudian, satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) datang ke lokasi. Dengan bantuan warga sekitar, tidak lebih dari satu jam api berhasil dipadamkan.

Hanya, sejumlah bagian rumah Muntahari ludes dilalap api. Yang terparah adalah dapur dan kamar. ’’Untuk kondisi terakhir, sudah bisa dipastikan tidak ada titik api lagi,’’ kata

Kepala Pemadam Kebakaran (PMK) Pemkab Gresik Eka Prapangast­a.

Sementara itu, Kapolsek Ujungpangk­ah Iptu Sujito memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. ’’Kerugian materiil diperkirak­an mencapai Rp 100 juta,’’ katanya.

Polisi juga sudah mengumpulk­an keterangan dari beberapa saksi mata. Kobaran api itu kali pertama muncul dari atap kayu penyangga genting serta kabel yang melintang di atap rumah. ’’Kemudian, api menyulut plafon hingga merembet ke bagian lain. Dugaan sementara karena korsleting listrik,’’ ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia