Jawa Pos

Empat Taman Ditarget Selesai Akhir Tahun

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mengembang­kan kawasan taman aktif di Surabaya Utara. Dengan penambahan jogging track, playground, atau tempat duduk, taman diharapkan menjadi jujukan warga untuk berekreasi. Warga di Surabaya Utara tak perlu jauh-jauh ke lokasi lain untuk bersantai bersama keluarga dengan biaya murah.

Kasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Rochim Yuliadi menyatakan, hingga Agustus, ada 21 taman aktif di Surabaya Utara. Total luasnya 3,44 hektare. Itu belum termasuk empat taman baru yang sedang dikerjakan. Targetnya, empat taman tersebut selesai tahun ini.

Salah satu yang sudah rampung dibangun dan difungsika­n adalah Taman Colombo. Sementara itu, tiga lainnya masih diselesaik­an. Yakni, taman di kawasan Rusunawa Tanah Merah di Kali Kedinding, Bulak Cumpat Srono, dan bekas Pasar Kedinding.

Tahun depan pengembang­an taman aktif terus dilakukan. Rochim mengatakan, ada taman baru yang akan dibangun. Antara lain di Pati Unus, Rusun Indrapura, dan Bulak. Waktu pengerjaan taman tahun depan tidak terbatas alias tidak ada target harus selesai kapan. ’’Kalau selesai survei, langsung dikerjakan,’’ ucap Rochim.

Hal tersebut terjadi lantaran pembanguna­n taman tidak menggunaka­n proyek lelang. Namun, dalam pengembang­annya, ada taman yang akan digarap dengan menggunaka­n proyek. ’’Proyeknya untuk pembanguna­n tahap kedua di Taman Kali Kedinding,’’ katanya.

Rencananya, di taman itu dibangun pos jaga dan toilet.

Rochim mengatakan, jumlah taman aktif di kawasan Surabaya Utara termasuk paling sedikit jika dibandingk­an dengan wilayah lain. Hal itulah yang mendorong terus dikembangk­annya taman aktif di Surabaya Utara. ’’Kasihan kalau pengin ke taman, warga harus ke wilayah lain,’’ ucapnya. Di taman aktif itu, warga tak perlu mengeluark­an uang untuk berekreasi. ’’Kita berharap taraf kebahagiaa­n warga Kota Surabaya bisa naik,’’ tuturnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? HAMPIR RAMPUNG: Kondisi terakhir taman kawasan Rusunawa Tanah Merah, Kali Kedinding, yang akan menjadi ruang terbuka hijau baru di kawasan utara Surabaya.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS HAMPIR RAMPUNG: Kondisi terakhir taman kawasan Rusunawa Tanah Merah, Kali Kedinding, yang akan menjadi ruang terbuka hijau baru di kawasan utara Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia