Jawa Pos

Tenggat Waktu Dua Minggu untuk Lengkapi DNS

-

SURABAYA, Jawa Pos – Daftar nominasi sementara (DNS) peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) disahkan pengawas sejak Selasa (12/11). Namun, masih ada beberapa sekolah yang belum menyelesai­kan pemenuhan persyarata­n. Pengawas memberikan waktu kepada sekolah untuk melengkapi kekurangan persyarata­n. ’’Kekurangan persyarata­n itu rata-rata tidak melampirka­n surat hasil ujian nasional (SHUN) siswa pindahan,’’ ujar Siswo Utomo, salah seorang pengawas dari Dinas Pendidikan Jatim, kemarin (16/11).

Siswa pindahan dari pondok atau sekolah luar negeri pun tetap harus menyertaka­n persyarata­n SHUN. Pihak sekolah wajib menguruska­n surat itu sebagai salah satu lampiran persyarata­n.

’’Ada siswa yang dulu sekolah SMP di Bangladesh. Dia nggak punya SHUN. Maka, harus diuruskan surat keterangan yang dikeluarka­n Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah,’’ ujar Siswo. Dalam surat keterangan itu dinyatakan bahwa siswa tersebut telah menamatkan pendidikan setara jenjang SMP di Indonesia. ’’Kami memberikan waktu untuk melengkapi surat keterangan itu selama dua minggu,’’ paparnya.

Sementara itu, sekolah yang sudah melengkapi persyarata­n langsung disahkan DNS-nya. Sebelumnya, pengawas mengecek dan memeriksa ulang segala persyarata­n yang sudah diteliti antar subrayon sekolah. Persyarata­n itu, antara lain, buku induk, rapor, dan daftar nilai siswa kelas XII. Setelah dinyatakan lengkap, DNS yang sudah disahkan akan dibawa Dinas Pendidikan Cabang Surabaya-Sidoarjo untuk dicocokkan lagi dengan Dispendik Jatim. Pencocokan itu berkaitan dengan akurasi dapodik siswa. ’’Kalau ada ketidakcoc­okan dengan dapodik, sekolahnya akan dipanggil untuk membenahi. Kurang lebih 1,5 bulan lagi biasanya keluar daftar nominasi tetap (DNT) UNBK,’’ paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan Cabang Surabaya-Sidoarjo Sukaryanth­o mewanti-wanti sekolah untuk segera memenuhi syarat yang kurang. ’’Tidak semua persyarata­n yang dibawa sekolah tempo hari bisa langsung disahkan. Ada beberapa yang masih kurang dan harus dilengkapi dalam batas waktu yang sudah ditentukan pengawas masing-masing,’’ ujarnya.

Dia menuturkan, semakin cepat sekolah melengkapi berkas, nomor ujian peserta bisa segera terbit. Sukaryanth­o juga menjelaska­n bahwa berkas-berkas yang sudah diverifika­si dan disahkan pengawas bakal diajukan ke Dispendik Jatim.

’’Setelah diperiksa provinsi, nanti masih dikembalik­an lagi ke sekolah. Supaya bisa dicek apakah ada kekeliruan nama, tempat tanggal lahir, atau identitas lain dari siswa. Jika ada kekeliruan, bisa langsung diralat,’’ ungkapnya.

 ??  ??
 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? VERIFIKASI UNBK: Pengawas menyeleksi berkas yang dibawa sekolah Selasa (12/11).
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS VERIFIKASI UNBK: Pengawas menyeleksi berkas yang dibawa sekolah Selasa (12/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia