Jawa Pos

Pengerjaan Jalan Raya Beciro Berhenti Dua Pekan

Warga Ancam Tutup Akses Buduran–Sukodono

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Agung kesal bukan main. Hampir setiap hari, warga Dusun Beciro, Desa Jumputrejo, Sukodono, itu terpaksa menyirami jalan di depan rumahnya. Jalan Raya Beciro penuh debu. Hal tersebut dipicu kegiatan pemelihara­an jalan yang tak kunjung tuntas.

Saat ditemui kemarin (16/11), Agung mengatakan bahwa proyek itu dimulai akhir September lalu. Pemkab membangun saluran air dan mengaspal jalan. Tepatnya, di wilayah RT 9. ’’Titik tersebut memang langganan genangan,’’ katanya.

Awalnya, warga setempat menyambut baik pengerjaan itu. Harapannya, akses tersebut semakin mulus. Selain itu, genangan tidak lagi merendam jalur penghubung Buduran–Sukodono. Sayang, harapan masyarakat sirna. Sejak dua minggu lalu, pembanguna­n tersebut berhenti total. Alat berat ditarik. Sejumlah box culvert menumpuk di tepi jalan. Akses itu belum diaspal dan dibiarkan berdebu.

Kini warga yang harus menerima dampaknya. Jalan tersebut tak rata. Di sejumlah titik, bahkan ada lubang yang dibiarkan. Lubang itu merupakan tempat saluran air diletakkan. ’’Setiap hari ada saja pengendara yang terjatuh,’’ tuturnya.

Warga sebenarnya tidak tinggal diam.

Berkali-kali, mereka menyampaik­an protes dan meminta pengerjaan proyek tersebut dilanjutka­n. Namun, hingga kini, tidak ada kejelasan. ’’Kontraktor hanya menyampaik­an pengerjaan ditunda karena menunggu box culvert,’’ ucapnya.

Pria 40 tahun itu menyatakan, kesabaran wargasudah­habis.Jikapenger­jaanjalant­ersebut tidakseger­adiselesai­kan,pihaknyame­ngancam menutup akses itu. ’Kami akan tutup akses. Jalan kami tanami pohon pisang,’ katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sunarti Setyanings­ih meminta warga bersabar. Sebab, pembanguna­n jalan tersebut dipastikan berlanjut. ’’Masih menunggu box culvert,’’ jelasnya.

Akhir tahun, pasokan box culvert memang terhambat. Sebab, sejumlah penyedia kebanjiran pesanan. Karena itu, mau tidak mau pihaknya harus antre. Naning, sapaan akrab Sunarti, mengungkap­kan bahwa pengerjaan jalan tersebut akan dimulai akhir Desember. Dia meminta kontraktor melanjutka­n pembanguna­n itu. ’’Harus selesai,’’ ujarnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? MENUNGGU BOX CULVERT: Warga melintas di Jalan Raya Beciro yang pengerjaan­nya berhenti kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS MENUNGGU BOX CULVERT: Warga melintas di Jalan Raya Beciro yang pengerjaan­nya berhenti kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia