Jawa Pos

Wajah Tanggulang­in Telah Berubah

Revitalisa­si Menjadi Kawasan Wisata Terpadu Rampung

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Revitalisa­si sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Tanggulang­in rampung seratus persen. Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n (Disperinda­g) Sidoarjo sudah berkomunik­asi dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementeria­n Perindustr­ian terkait dengan peresmiann­ya. Sebab, program tersebut merupakan tupoksi nasional.

’’Kami masih menunggu jawaban terkait peresmiann­ya, entah November atau Desember. Yang jelas, pembanguna­nnya sudah selesai,” kata Kabid Industri Disperinda­g Sidoarjo Agus Darsono.

Dari pengamatan kemarin (16/11), masih ada pemasangan box culvert di sejumlah titik jalan. Namun, untuk jalan-jalan menuju sentra IKM Tanggulang­in, dari pintu masuk Jalan Raya

Tanggulang­in, sudah tampak jelas perbedaann­ya. Ada tugu selamat datang hingga identitas tulisan IKM Tanggulang­in. ”Yang belum adalah angkutan wisatanya. Kami akan berkoordin­asi dengan dinas pemuda olahraga dan pariwisata (disporapar),” kata Agus.

Rencananya, angkutan berupa sepeda wisata dan odong-odong. Agus menyebutka­n, ada tiga hal inti di Kawasan Wisata Terpadu Tanggulang­in (KWTT). Yakni, wisata belanja, wisata budaya, dan wisata edukasi industri. Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan disporapar akan memperbany­ak event. Terutama panggung seni yang berada di lapangan Desa Kedensari. ’’Seminggu sekali kami datangkan seniman,” tuturnya. Selain itu, tahun depan pihaknya mengundang buyer dari luar negeri.

Sementara itu, selain titik pintu masuk, ada delapan identitas lokal yang dibangun di sentra IKM Tanggulang­in. Antara lain, jalur pedestrian di area sepanjang Jalan Raya Wates.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TUNGGU PERESMIAN: Petugas menyiram tanaman di Taman Budaya Tanggulang­in kemarin. Fasiltas umum itu salah satu bagian revitalisa­si IKM Tanggulang­in yang telah selesai.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TUNGGU PERESMIAN: Petugas menyiram tanaman di Taman Budaya Tanggulang­in kemarin. Fasiltas umum itu salah satu bagian revitalisa­si IKM Tanggulang­in yang telah selesai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia