Jawa Pos

Hindari Garam dan Ikut Senam Sepekan Sekali

Tip Satomah agar Tetap Fit

-

SURABAYA, Jawa Pos – Namanya memang terkesan sepele. Menggoreng kacang sengon. Tapi, kenyataann­ya kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan sembarang. Yang menggoreng harus menggunaka­n perlindung­an seperti sarung tangan dan helm. Iya, helm yang dipakai saat mengendara­i sepeda motor itu. ”Biar enggak kena mata kalau mbledos,” begitu kata Satomah, pengusaha kacang sengon goreng yang tinggal di kawasan Made Selatan.

Saking susahnya, nenek tiga cucu itu belum menemukan pegawai yang bisa menggoreng dengan benar seperti dirinya. Akibatnya, perempuan 51 tahun itu tetap turun tangan sendiri. Lima pegawai hanya membantuny­a menyiapkan sengon dan membungkus­nya setelah matang.

Pemilik UKM berlabel Say Nut tersebut bisa menyiapkan 25–30 kilogram kacang sengon tiap hari. Karena itu, agar usahanya terus berjalan, Satomah wajib menjaga kesehatan tubuhnya. Tahun lalu, dia divonis menderita tumor jinak di punggungny­a. Belum lagi wasir yang sejak lima tahun dideritany­a. Satomah mengakui, penyakit tersebut sempat mengganggu aktivitasn­ya. ”Dulu kalau kumat ya lebih banyak istirahatn­ya,” ujar Satomah. Namun, belakangan tidak lagi karena dia sudah punya solusi.

Kata Satomah, kuncinya adalah jaga pola makan, istirahat cukup, dan rajin olahraga. Dia mengaku tidak terlalu banyak makan yang mengandung garam. Itu bisa memicu sakit yang dideritany­a. Termasuk kacang yang diproduksi­nya sendiri. ”Dulu ya makan setiap hari, eh ternyata garam yang di kacang itu juga pemicu,” ucapnya, lantas tertawa.

Jika masih ingin, terkadang Satomah biasanya hanya memakan kacang sengon tanpa racikan garamnya. Itu terbukti tidak memperpara­h penyakitny­a.

Selain itu, pola istirahat yang cukup menjadi solusi selanjutny­a. Dia mengaku sempat sering lembur untuk mengerjaka­n pengemasan kacang. Kini, dia hanya mengerjaka­nnya dari pagi hingga siang hari. Setelah itu, dia wajib beristirah­at. Lantas, olahraga juga tidak pernah ditinggalk­annya. ”Satu minggu sekali pasti ikut senam lansia di kampung,” imbuhnya.

 ?? HARIYANTO TENG / JAWA POS ?? TURUN TANGAN: Satomah menunjukka­n kacang sengon berlabel Say Nut bikinannya.
HARIYANTO TENG / JAWA POS TURUN TANGAN: Satomah menunjukka­n kacang sengon berlabel Say Nut bikinannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia