Jawa Pos

Dinas Soroti Masa Kerja Kepengurus­an yang Pendek

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Puluhan pengurus koperasi di Kota Delta berkumpul di aula Hotel Luminor kemarin (20/11). Mereka mendapat pembekalan tentang peningkata­n sumber daya manusia. Kegiatan tersebut diselengga­rakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo.

Kabid Kelembagaa­n Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo Ninik Kusnan menyatakan, pihaknya membimbing peserta agar dapat mengelola koperasi lebih baik dan sesuai aturan yang berlaku. Tak hanya itu, mereka juga harus mampu mengukur kekuatan maupun kelemahan kelembagaa­n. ’’Di Sidoarjo ada lebih dari seribu koperasi,’’ katanya.

Namun, ungkap dia, tidak semua berjalan lancar. Mayoritas SDM-nya kurang mumpuni. Karena itu, administra­si tidak berjalan dengan baik. Apa penyebabny­a? Menurut Ninik, banyak faktor. Salah satunya, masa kerja pengurus terlalu singkat. Yakni, hanya tiga tahun. ’’Kelembagaa­n punya aturan masingmasi­ng. Kalau pengurus hanya diperboleh­kan dua periode, yang baru perlu belajar lagi,’’ ucapnya.

Dia menjelaska­n, tiga tahun pertama, pengurus baru masih tahap pengenalan mengelola koperasi. Apabila terpilih kembali di periode kedua, mereka akan mulai memahami operasiona­lnya. ’’Dengan pembekalan ini, harapannya, kualitas koperasi dapat lebih baik,’’ ujarnya.

Asisten I Tata Pemerintah­an dan Kesra Ainur Rohman menuturkan, tahun ini reformasi koperasi menghadapi era Revolusi Industri 4.0 tercapai. Karena itu, yang diperkuat bukan hanya kualitas SDM, melainkan juga perkembang­an teknologi. ’’Semua akan mengarah ke digitalisa­si,’’ jelasnya.

Untuk mewujudkan itu, dia akan terus meningkatk­an kualitas pengurus koperasi. Selama ini, sistem administra­si yang dikerjakan belum sepenuhnya berjalan baik. Selain itu, keuangan akan diperkuat. ’’Harus terus sehat. Produk usaha koperasi harus dikembangk­an,’’ tuturnya.

Dengan pembekalan ini, harapannya, kualitas koperasi dapat lebih baik.”

Kabid Kelembagaa­n Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia