Jawa Pos

Penukaran Tiket di Jalan Rajawali Pindah ke Terminal Kasuari

-

SURABAYA, Jawa Pos – Para penumpang Suroboyo Bus mesti mengetahui informasi anyar. Pemkot Surabaya baru saja memindahka­n lokasi penukaran tiket di wilayah utara. Tempat pengumpula­n botol plastik yang awalnya berada di Jalan Rajawali digeser ke Terminal Kasuari, Jalan Kasuari. Lokasinya berjarak sekitar 200 meter dari lokasi awal.

Pemindahan lokasi tersebut memang berpotensi membuat masyarakat kebingunga­n. Namun, pemerintah telah mengantisi­pasinya. Ada sosialisas­i oleh petugas dinas perhubunga­n (dishub) serta dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH).

Selain menyebarka­n informasi lewat medsos, mereka membuat pemberitah­uan secara tertulis. Petugas telah memasang kertas di halte Jalan Rajawali, lokasi awal penukaran.

Saat ditemui kemarin (27/11), petugas penukaran tiket Suroboyo Bus, Risandi, menjelaska­n bahwa tempat penukaran itu dipindah atas berbagai pertimbang­an. Salah satunya, datangnya musim penghujan. ”Halte kurang luas. Ada potensi kehujanan,” jelasnya.

Menurut dia, pemindahan tersebut juga diharapkan membuat para penumpang lebih nyaman. Mereka tidak lagi kepanasan dan bisa leluasa mengumpulk­an botol plastik untuk ditukar tiket bus. Selain itu, pemindahan penukaran tersebut dilakukan untuk mengantisi­pasi gangguan lalu lintas akibat antrean penukaran.

Sebab, cukup banyak penumpang yang menukar botol plastik di Jalan Rajawali. Dalam sehari, ada 11 kilogram limbah plastik yang dikumpulka­n petugas. Sebagian besar berbentuk botol bekas air minum.

Riswanto, salah seorang penumpang Suroboyo Bus, mendukung pemindahan itu. Lokasi penukaran lebih aman. ”Tapi, kalau masuk, ada tarif parkir. Saya ingin biaya parkirnya dihapuskan,” ujarnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia