Jawa Pos

Jokowi Minta Dua Besar

-

Target posisi empat dalam klasemen medali SEA Games 2019 Filipina yang dicanangka­n Kemenpora tidak memuaskan Presiden Joko Widodo. Presiden menargetka­n posisi yang lebih tinggi. ’’Di SEA Games sebelumnya (edisi 2017, Red) kita di peringkat lima. Sebelumnya lagi lima. Saya minta di SEA Games Filipina kita harus masuk ke dua besar,’’ ujarnya saat melepas kontingen Indonesia di Istana Kepresiden­an Bogor kemarin (27/11).

Jokowi beralasan, dalam ajang Asian Games 2018 yang levelnya lebih tinggi, Indonesia bisa melakukan lompatan prestasi. Dari kisaran peringkat ke-15 hingga ke-17 menjadi peringkat keempat. Presiden juga optimistis cabor sepak bola akan mempersemb­ahkan emas. ’’Sama Thailand

aja menang,’’ tuturnya, merujuk ke laga fase grup pertama timnas Selasa lalu (26/11).

Menpora Zainudin Amali menilai tantangan Jokowi itu wajar. Dia meyakini, presiden sudah memantau dan mendapatka­n berbagai laporan. Politikus Golkar tersebut meminta atlet untuk fokus bertanding ketimbang memikirkan medali. ’’Yang saya tekankan kepada atlet, pelatih, dan seluruh ofisial, mereka harus bertanding semaksimal-maksimalny­a. Tanpa beban, fokus pada pertanding­an, fokus kepada kerja keras,’’ tuturnya.

Zainudin menambahka­n, target medali merupakan tanggung jawab National Olympic Committee (NOC, dulu KOI) dan Chief de Mission (CdM) SEA Games 2019. Dia akan berdiskusi dengan dua pihak tersebut untuk membahas target yang diinginkan presiden, apakah bisa dipenuhi.

Pada kesempatan yang sama, presiden menyinggun­g bonus bagi atlet yang berprestas­i. Jokowi memastikan pemerintah akan berkomitme­n memberikan apresiasi. Namun, besarannya masih dihitung. Dia mengisyara­tkan, yang pasti nominalnya di bawah Asian Games 2018 karena level event-nya juga berbeda.

Setelah dilepas oleh Jokowi, para atlet mengikuti pengukuhan di Hall Basket GBK.

Sementara itu, sehari sebelumnya, para atlet yang berasal dari Jawa Timur dilepas Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Acara tersebut diselengga­rakan di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa malam (26/11). Dia dan Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung mengungkap­kan kebanggaan terhadap 119 atlet dan 29 pelatih. Atlet Jatim mendominas­i skuad tenis dan voli indoor.

Masing-masing mendapatka­n uang saku sebesar Rp 7,5 juta. Namun, soal bonus tambahan, Khofifah menyerahka­nnya kepada Erlangga. ’’Gubernur pasti kasihperha­tian.Soalnomina­l,nggak tahu ya,’ kata Erlangga, lantas tertawa.

 ??  ??
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? TARGET TINGGI: Atlet panahan Diananda Choirunisa dalam pengukuhan kontingen SEA Games 2019 di Senayan, Jakarta, kemarin (27/11).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS TARGET TINGGI: Atlet panahan Diananda Choirunisa dalam pengukuhan kontingen SEA Games 2019 di Senayan, Jakarta, kemarin (27/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia