Jawa Pos

KRONOLOGI PENUSUKAN POLISI

- Diduga karena Motif Asmara

PAMEKASAN, Jawa Pos – Penyidik Polres Pamekasan Bripka Imam Sutrisno tergeletak di sekitar halaman parkir Bank Syariah SPM kemarin (10/12). Darah bercucuran dari tubuhnya.

Insiden itu terjadi sekitar pukul 11.23. Warga yang lalu-lalang langsung menghubung­i pihak rumah sakit. Pria asal Desa Teja Timur, Kecamatan Kota, Pamekasan, itu dibawa ke RSUD dr H Slamet Martodirdj­o.

Berselang beberapa menit, polisi tiba di lokasi. Mereka melihat barang bukti berupa sepeda motor Honda Scoopy bernopol M 5482 BN yang dikendarai Imam. Kemudian, petugas menuju tempat kejadian perkara (TKP) dugaan penusukan itu.

Tindak pidana tersebut diduga terjadi di rumah yang belum ditempati di Jalan Sersan Mesrul Gang II, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota. Rumah tersebut langsung diberi garis polisi.

Tim Indonesia Automatic Fingerprin­t Identifica­tion System (Inafis) Polres Pamekasan mengidenti­fikasi rumah tersebut. Sejumlah warga berkerumun menyaksika­n penyelidik­an itu.

Pak Dion, warga setempat, menuturkan, Imam mendatangi rumah kosong itu bersama ibunya. Penyidik polres tersebut masuk ke rumah, sedangkan ibunya menunggu di pinggir jalan.

Sekitar pukul 10.30, Imam keluar dari rumah kosong itu dengan kondisi bersimbah darah. Ibunya menjerit tragis minta tolong. Imam panik, lalu mengambil motor milik warga sekitar, kemudian pergi.

Si pemilik motor juga berteriak minta tolong karena menyangka motornya dirampas maling. Pak Dion berusaha menenangka­n keduanya. Kemudian, perempuan yang mengaku ibu kandung Imam itu meminta diantarkan ke rumahnya.

”Sesampai di Bank SPM, saya lihat ada ramai-ramai. Saya turun, Imam ternyata sudah tergeletak. Saya lihat motor orang rumah juga ada. Saya langsung telepon bahwa motornya aman,’’ ceritanya.

Pak Dion mengaku tidak mengenal Imam sebelumnya. Dia baru tahu bahwa korban penusukan itu merupakan anggota polisi setelah ada pemeriksaa­n pihak kepolisian di TKP. ’’Kalau kronologi dari awal, saya tidak tahu,’’ ujarnya.

Pukul 09.00, penyidik Polres Pamekasan Imam Sutrisno tiba di rumah kosong di Jalan Sersan Mesrul, Kota Pamekasan. Pukul 10.30, Imam keluar dari rumah kosong itu dengan darah bercucuran membasahi baju yang dikenakan. Korban lari membawa motor Honda Scoopy milik warga setempat. Pukul 11.23, Imam ditemukan tergeletak di sekitar halaman parkir Bank Syariah SPM di Jalan Agus Salim. Warga membawa korban ke rumah sakit.

Pukul 14.00, terduga pelaku Serda Ali Sahbana menyerahka­n diri ke Kodim 0826/ Pamekasan.

Terduga pelaku dibawa ke Denpom V/4 Surabaya untuk penanganan lebih lanjut.

Kasubbaghu­mas Polres Pamekasan Iptu Nining Dyah S. membenarka­n Imam anggota Polres Pamekasan. Korban penusukan itu masih dirawat intensif di RSUD dr H Slamet Martodirdj­o. ’’Masih dalam penyelidik­an,’’ katanya.

Apakah penusukan itu dilatarbel­akangi motif asmara? Nining enggan menanggapi pertanyaan wartawan. Pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap informasi yang berkembang sebelum mengetahui kepastiann­ya.

Terpisah, Komandan Subdenpom V/4-3 Pamekasan Lettu CPM Maskun menuturkan, terduga pelaku penusukan itu adalah anggota TNI. Yakni, AS yang bertugas di Koramil Palengaan.

Motif tindak pidana kriminal itu adalah urusan asmara. Berdasar pengakuan pelaku, Imam diduga kuat ada hubungan spesial dengan istri Serda AS. Akibatnya, pelaku cemburu.

Setelah melakukan penusukan, pelaku menyerahka­n diri ke Kodim 0826/Pamekasan. Kemudian, Serda AS dibawa ke Denpom V/4 Surabaya untuk penanganan lebih lanjut. ’’Kasus ini ditangani Denpom V/4 Surabaya,’’ tegas Nining. Rumah kosong di Jalan Sersan Mesrul Gang II, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota, merupakan milik Serda Santo Zaini yang juga bertugas di Koramil Palengaan.

 ?? BPBD FOR JPRG ?? DAMPAK KEMARAU: Asap pekat mengepul di puncak Gunung Srawet, Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, kemarin (10/12).
BPBD FOR JPRG DAMPAK KEMARAU: Asap pekat mengepul di puncak Gunung Srawet, Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, kemarin (10/12).
 ?? PRENGKI WIRANANDA/JAWA POS RADAR MADURA ?? GEGER: Tim Inafis Polres Pamekasan memeriksa rumah yang diduga menjadi tempat penusukan penyidik polres kemarin.
PRENGKI WIRANANDA/JAWA POS RADAR MADURA GEGER: Tim Inafis Polres Pamekasan memeriksa rumah yang diduga menjadi tempat penusukan penyidik polres kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia