Jawa Pos

Netflix ’’Kuasai’’

Film Marriage Story dan The Irishman Memimpin

-

host

Uang 6 nominasi 5 nominasi 4 nominasi 4 nominasi 4 nominasi

LOS ANGELES, Jawa Pos – Tahun 2019 sebentar lagi akan berakhir. Bel tanda musim penghargaa­n film dan serial pun mulai berdering. Dimulai pada Senin pagi (9/12) waktu setempat, Hollywood Foreign Press Associatio­n (HFPA) mengumumka­n nominasi untuk 77th Golden Globe Awards yang diselengga­rakan 6 Januari mendatang.

Aktor dan komedian Tim

Allen bersama aktris Dakota Fanning dan Susan Kelechi Watson-lah yang membacakan pengumumma­n nominasi.

Ada beberapa nama dan judul film yang sudah diprediksi. Namun, kejutan terbesarny­a adalah dominasi film dan serial TV Netflix

dalam jajaran nominasi itu.

Netflix mulai mengembang­kan program orisinalny­a pada 2013 lalu. Serial House of Cards dan Orange Is the New Black

berhasil mengantong­i total enam nominasi di Golden Globes 2014. Termasuk kategori Best Drama untuk House of Cards. Lalu, pada 2015, jumlah nominasi yang didapat meningkat menjadi tujuh. Puncaknya adalah tahun ini. Netflix mengantong­i total 34 nominasi. Bukan hanya dari serial TV, tapi juga film.

Sebanyak 17 nominasi di antaranya didapat dari film orisinal. Satu yang menonjol adalah Marriage Story yang mengantong­i enam nominasi, terbanyak di antara yang lainnya. Film yang menampilka­n potret perceraian sebuah keluarga itu masuk dalam nominasi Best Motion Picture – Drama.

Dalam kategori tersebut, film yang

ROBBY KURNIAWAN

dibintangi Adam Driver dan Scarlett Johansson itu bersaing dengan dua film Netflix lainnya, yaitu The Irishman dan The Two Popes (lihat grafis). Juga dua film dari dua studio besar, 1917 dan Joker.

’’Membuat Marriage Story dengan Noah Baumbach (sutradara, Red) dan cast

kami yang luar biasa adalah salah satu highlight karirku. Nominasi oleh HFPA pagi ini adalah cara terindah merayakan hasil kerja yang telah kami lakukan,’’ komentar Scarlett Johansson, pemeran karakter Nicole Barber. Johansson juga masuk nominasi Best Actress in a Motion Picture – Drama.

Selain Netflix, layanan streaming

seperti Amazon Prime Video, Hulu, dan Apple TV Plus juga ikut dalam kompetisi tersebut. Salah satunya adalah The Morning Show, serial drama dari Apple TV Plus yang masuk nominasi Best Television Drama. ’’Baru empat setengah pekan launching

layanan itu, kami tidak berekspekt­asi mendapatka­n nominasi,’’ kata Jamie Erlicht, co-head Apple TV, sebagaiman­a dilansir The New York Times.

Di sisi lain, banyak warganet yang protes akibat absennya perempuan dalam kategori Best Director. Kategori tersebut diisi Bong Joon-ho (Parasite), Sam Mendes (1917), Todd Phillips (Joker), Martin Scorsese (The Irishman), dan Quentin Tarantino (Once Upon a Time in Hollywood). ’’Yang terjadi adalah kami tidak melakukan pemungutan suara berdasar gender. Kami melakukan voting berdasar film dan pencapaian,’’ ucap Presiden HFPA Lorenzo Soria memberikan jawaban sebagaiman­a dilansir Variety.

Aktris Indonesia Asmara Abigail mendapat penghargaa­n The Asian Stars: Up Next Awards. ’’Tentu senang banget. Sekarang sudah saatnya bekerja lebih dan bekerja sama dengan negara lain,’’ tegasnya.

Asmara mengaku, dirinya terpilih sebagai bintang Asia lantaran sering membintang­i film yang ikut festival. Misalnya, Setan Jawa. Dan, tahun ini dia juga mendapat kesempatan bermain film yang disutradar­ai Adriyanto Dewo. ’’Kebetulan, Mudik juga ikut festival,’’ ucap perempuan 27 tahun itu.

Dia punya mimpi besar berakting pada peran yang berhubunga­n dengan tari tango dan flamenco. ’’Senang sama sinema Italia juga. Kalau ada kesempatan, saya mau bermain film sama sutradara Italia,’’ tuturnya.

 ?? FOTO-FOTO: ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? ASMARA ABIGAIL
FOTO-FOTO: ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ASMARA ABIGAIL
 ?? ROBYN BECK/GETTY IMAGES/AFP ?? 5 FILM DENGAN NOMINASI TERBANYAK
BACA NOMINASI: Dari kiri Dakota Fanning, Susan Kelechi Watson, dan Tim Allen di pengumuman nominasi 77th Golden Globe Awards, Beverly Hilton Hotel.
ROBYN BECK/GETTY IMAGES/AFP 5 FILM DENGAN NOMINASI TERBANYAK BACA NOMINASI: Dari kiri Dakota Fanning, Susan Kelechi Watson, dan Tim Allen di pengumuman nominasi 77th Golden Globe Awards, Beverly Hilton Hotel.
 ?? NETFLIX ??
NETFLIX
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia