Jawa Pos

Putin Pastikan Rusia Banding

-

PARIS, Jawa Pos – Setelah Badan Antidoping Dunia (WADA) menjatuhka­n sanksi empat tahun bagi Rusia untuk tidak mengikuti ataupun menggelar eventolahr­agamayor,pemerintah negara tersebut langsung merespons. Presiden Rusia Vladimir Putin kemarin memastikan bahwa negaranya menempuh banding untuk keputusan itu.

Putin menyampaik­an tanggapan resmi perihal masalah tersebut di sela kunjungan diplomatik ke Paris kemarin. Dalam pernyataan­nya, presiden 67 tahun itu menganggap langkah yang diambil WADA melanggar Piagam Olimpiade. Padahal, itu seharusnya dihormati semua pihak.

Putin menambahka­n, alasan penjatuhan sanksi WADA adalah karena kesalahan Badan Antidoping Rusia (Rusada). Sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan Komite Olimpiade Rusia.

Padahal, menurut Piagam

Olimpiade, sanksi semacam itu hanya bisa diberikan jika Komite Olimpiade Nasional suatu negara telah terbukti bersalah. ’’Atas dasar itu, kami merasa memiliki alasan kuat untuk mengajukan banding,’’ tegasnya seperti dilansir Reuters.

Selain itu, Putin menyebutka­n, suatu hukuman seharusnya dijatuhkan untuk individu-individu yang bersalah. Bukan kolektif untuk sebuah negara seperti yang dirasakan Rusia saat ini. Menurut dia, pengambil keputusan sanksi kolektif seperti itu malah menunjukka­n WADA sebagai pihak yang tidak peduli dengan kelangsung­an olahraga.

’’Jika sudah demikian, keputusan ini hampir pasti tidak diambil atas dasar kemurnian kepedulian terhadap olahraga internasio­nal. Melainkan pertimbang­an politik yang tidak ada sangkut pautnya dengan semangat Olimpiade,’’ jelas Putin.(irr/c19/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia