Jawa Pos

Calon Independen Diminta Urus Silon

-

BAKAL calon perseorang­an atau independen harus memasukan data surat pernyataan dukungan ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon). KPU Surabaya mengundang semua pihak yang berminat mendaftar melalui jalur perseorang­an tersebut untuk hadir di kantor KPU Surabaya siang ini (11/12).

Anggota Divisi Teknis Penyelengg­araan KPU Surabaya M. Kholid Asyadulloh menjelaska­n, sesuai aturan, pasangan calon perseorang­an memang wajib memasukkan data surat pernyataan dukungan ke aplikasi Silon. Surat yang berbentuk formulir model B.1-KWK tersebut harus ditempeli fotokopi e-KTP. Nah, untuk masuk ke aplikasi tersebut, pasangan calon harus memiliki username dan password khusus. ”Besok (hari ini, Red) pasangan calon yang ingin maju lewat jalur independen kami undang ke KPU Surabaya,” ujarnya kemarin.

Undangan tersebut sudah diberikan kepada orang-orang yang sempat datang ke KPU Surabaya untuk konsultasi soal calon perseorang­an. Mereka datang secara bergiliran ke kantor KPU Surabaya untuk mendapatka­n penjelasan teknis tentang pilwali pada September 2020 itu.

Kholid menuturkan, untuk mendapatka­n username dan

Anggota Divisi Teknis Penyelengg­araan KPU Surabaya password itu, mereka harus memenuhi sejumlah syarat. Yakni, surat mandat atau surat tugas yang berisi nama pasangan calon independen. Surat mandat tersebut juga memuat identitas detail bakal pasangan calon. Mulai tempat tanggal lahir, jenis kelamin, hingga pekerjaan. ”Sesuai aturan memang harus detail begitu,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu figur yang hendak maju sebagai calon independen, M. Sholeh, terusmener­us mendapatka­n dukungan dari masyarakat. Kali ini, dia memperoleh dukungan dari para seniman angklung jalanan. Sholeh mengadvoka­si para seniman yang dilarang bermain di pinggir perempatan jalan tersebut. Sebelumnya, para seniman itu sempat diusir satpol PP. Bahkan, ada sejumlah angklung yang disita. ”Mereka juga kami minta berkomitme­n menyanyika­n lagu-lagu Surabaya dan lagu perjuangan supaya mempunyai ciri khas,” tuturnya.

Dia mengungkap­kan, para pemusik itu bisa ditata dengan baik. Mereka pun tetap bisa mendapatka­n penghasila­n untuk kehidupan sehari-hari. ”Kelak kalau kami jadi wali kota, para seniman angklung tersebut bisa mengajari anak-anak di sekolah. Mereka siap untuk itu,” ungkapnya.

Besok (hari ini, Red) pasangan calon yang ingin maju lewat jalur independen kami undang ke KPU Surabaya.’’

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia