Jawa Pos

Pembenahan Romokalisa­ri Tuntas Akhir Tahun Ini

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kondisi jalan bergelomba­ng di sekitaran Romokalisa­ri mulai dibenahi. Pengerjaan itu berjalan sejak tiga hari belakangan. Ditargetka­n, proyek tersebut tuntas akhir tahun ini.

Tampak alat berat cold milling machine (CMM) disiagakan di lokasi. Sejumlah petugas pun tampak sibuk bekerja di salah satu sisi jalan. Sementara itu, samping tampak sudah beralas aspal baru.

Pejabat Pembuat Komitmen Ruas Surabaya–Gresik BBPJN VIII Merlan Efendi mengatakan, proyek pembenahan jalan tersebut bertujuan membuat pengguna jalan yang melintas lebih nyaman. Sebelumnya, kondisi badan jalan di lokasi terbilang bergelomba­ng dan beralur.

Pengendara pun dituntut fokus dan hati-hatu saat melewatiny­a. ”Sudah berjalan 3 tiga hari. Targetnya ya tuntas akhir tahun ini,” katanya.

Namun, bisa saja pengerjaan lebih cepat dari target semula. Panjang pengerjaan pembenahan jalan tersebut sekitar 500 meter. Merlan melanjutka­n, ada sejumlah faktor yang memengaruh­i jalan itu menjadi bergelomba­ng. Selain faktor kondisi tanah, bisa disebabkan tonase kendaraan yang melintas. Terutama yang tidak sesuai dengan kelasnya.

”Kendaraan truk yang over dimensi atau OD juga menjadi salah satunya,” ujarnya. Hal itu ditengarai akan berpengaru­h dengan kondisi jalan yang dilintasi truk dengan OD. Dengan begitu, kesadaran pengendara juga penting agar kondisi jalan tidak cepat rusak.

Dia mengatakan, untuk perbaikan jalan, direncanak­an adanya pembenahan salah satu sisi saja. Yang paling parah, lanjut dia, memang sisi jalan yang sedang dikerjakan itu. ”Kami lihat volumenya juga. Saat ini, sisi itu dulu. Karena memang paling parah dan beralur,” ujarnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PROYEK JALAN: Debu beterbanga­n seiring pengerjaan perbaikan Jalan Romokalisa­ri kemarin. Perbaikan dimulai sejak Minggu (8/12).
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PROYEK JALAN: Debu beterbanga­n seiring pengerjaan perbaikan Jalan Romokalisa­ri kemarin. Perbaikan dimulai sejak Minggu (8/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia