Jawa Pos

Rangkaian Bunga untuk Ucapan Natal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Meski bunga bukan hadiah ucapan Natal yang paling sering digunakan, hal tersebut tak menghalang­i Jacqueline Limanto berkreasi dengan berbagai macam bunga. Pendiri Paris Florist Surabaya tersebut memilih tiga warna utama dalam rangkaian bunga khusus Natal buatannya. Hijau, merah, dan putih jadi warna pilihan. ”Warna yang khas Natal banget,” ucap mahasiswa Universita­s Ciputra tersebut.

Ketiga warna mungkin terkesan biasa. Agar spesial, Jacqueline menggunaka­n pilihan jenis tanaman yang jarang digunakan. Salah satunya adalah celosia cristata. Bunga itu mirip buntelan kain beludru. ”Padahal bunga asli, kesannya elegan,” ucap perempuan yang berdomisil­i di CitraLand tersebut.

Selain itu, Jacqueline menggunaka­n sentuhan warna hijau dari asparagus densifloru­s atau tanaman ekor tupai dan potongan satuan batang pohon cemara. ”Kesannya tak jauh dari pohon Natal itu sendiri,” terangnya.

Jacqueline juga menambahka­n biji pinus sebagai sentuhan spesial. Pilihan-pilihan tak biasa tersebut memang jadi tantangan tersendiri baginya. ”Biji pinus ini aja kita sering lihat ya, ternyata banyak tiruan dari plastik,” ujarnya.

Jacqueline harus mencari sendiri biji pinus asli ketika sedang berjalan-jalan di area hutan. Begitu pun bunga-bunga yang jarang digunakan, Jacqueline harus ekstra mencari agar kebutuhan rangkaian bunganya terpenuhi.

Di sisi lain, Jacqueline tetap menggunaka­n bunga-bunga yang umumnya dipakai. Misalnya, mawar merah dan putih, baby breath, dan silver dust. Bunga mawar tetap menjadi bunga yang tampak dominan dalam rangkaian bunga buatannya.

Aksesori Natal pun disematkan Jacqueline dalam rangkaian bunganya. Bola-bola hiasan pohon Natal dan boneka snowman memperkuat suasana Natal. ”Bonekanya juga bisa yang bertema rusa atau karakter pilihan pemesan,” tuturnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? BERAGAM: Jacqueline Limanto membawa buket bunga dengan tema Natal kreasinya.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS BERAGAM: Jacqueline Limanto membawa buket bunga dengan tema Natal kreasinya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia