Jawa Pos

Empat Kapal Layani Liburan Nataru

Jadwal Menunggu Rapat Koordinasi

-

GRESIK, Jawa Pos – Libur Natal dan tahun baru (Nataru) segera tiba. Empat kapal cepat dipastikan bisa ikut melayani libur Nataru dari Gresik ke Pulau Bawaen (PP). Dua kapal cepat yang sebelumnya mengalami kendala bisa beroperasi. Namun, sejauh ini, Dinas Perhubunga­n (Dishub) Pemkab Gresik belum mengeluark­an jadwal.

Kabid Angkutan Dishub Pemkab Gresik Muhammad Amri menyatakan, sejauh ini, kapal Natuna Express belum berlayar lantaran perbaikan mesin tak kunjung selesai. Namun, pihaknya sudah mendapat kabar bahwa Kamis (12/12) kapal mulai berlayar lagi. ’’Satu mesin sudah selesai. Nah, kabarnya tinggal proses mesin satunya lagi,’’ tuturnya kemarin (10/12).

Sebelumnya, kapal Blue Sea Jet (BSJ) terkendala pasokan BBM subsidi. Persoalan itu sudah tertangani. Pihak BSJ telah mengajukan ke Pertamina. ’’Dokumen-dokumen sudah diperiksa. Namun, yang disetujui lebih sedikit daripada usulan BSJ,’’ katanya.

Jatah BBM subsidi untuk BSJ hanya 4,2 ribu kiloliter. Padahal, dalam sekali pelayaran, BSJ membutuhka­n 5,5–6 ribu kiloliter. Menurut Amri, sisa kekurangan itu akan diambilkan dari koperasi pelabuhan rakyat (kopelra). ’’Dua kapal lain, Ekspres Bahari dan Natuna, sudah menjadi anggota lama. Jadi, persoalan BBM tidak ada masalah,’’ imbuhnya.

Jadwal layanan transporta­si Nataru, lanjut dia, baru ditentukan Jumat (13/12). Karena ada prediksi kenaikan penumpang 10 persen, pihaknya meminta calon penumpang memperhati­kan jadwal khusus Nataru. ’’Nanti jadwal kami upayakan keluar Jumat. Biar calon penumpang bisa segera menentukan jadwal perjalanan­nya,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia