Jawa Pos

Ubaya Kukuhkan Dua Gubes

-

SURABAYA, Jawa Pos – Universita­s Surabaya (Ubaya) mengukuhka­n dua guru besar (gubes) di gedung perpustaka­an lantai 5 kemarin (10/12). Mereka adalah Prof Suyanto SE Mec Dev PhD dan Prof Drs ec Sujoko Efferin MCom (Hons) MA PhD. Keduanya merupakan guru besar fakultas bisnis dan ekonomika (FBE).

Rektor Ubaya Ir Benny Lianto MMBAT mengatakan, pengukuhan gubes ke-9 dan 10 tersebut memperkuku­h komitmen mutu dan eksistensi Ubaya. Saat ini Ubaya tengah melakukan lompatan dalam bidang sumber daya manusia (SDM). Salah satunya, mempercepa­t dan memfasilit­asi para dosen untuk mencapai level gubes. ”Kami bersyukur dan bangga atas dikukuhkan­nya dua gubes baru di Ubaya,” katanya.

Dua gubes baru di bidang ilmu ekonomi pembanguna­n dan ilmu akuntansi tersebut menjadi salah satu kekuatan bagi Ubaya. Bahkan, Profesor Suyanto merupakan gubes termuda dalam bidang ilmu ekonomi pembanguna­n. Dia juga menjabat ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Ubaya. Dia menyampaik­an orasi tentang Potensi Penelitian Produktivi­tas Perusahaan yang Bersumber dari Penanaman Modal Asing; Sebuah Area yang Mulai Diminati.

Suyanto mengatakan, kehadiran perusahaan asing memiliki dampak positif dalam meningkatk­an produktivi­tas perusahaan lokal. Namun, itu juga dapat menjadi negatif dengan ”mencuri’’ pasar perusahaan lokal dan mendorongn­ya keluar dari pasar.

Dosen 43 tahun itu menuturkan, hasil penelitian tersebut mempertimb­angkan spektrum baru. Yakni, kemungkina­n terkikisny­a kearifan lokal dengan semakin banyaknya penanaman modal asing (PMA) yang masuk. ”Kehadiran perusahaan asing mendegrada­si kearifan lokal, terutama dalam sektor industri makanan dan minuman,” jelasnya.

Sementara itu, Sujoko Efferin merupakan gubes bidang ilmu akuntansi sekaligus ketua Pusat Studi Inovasi Industri dan Kewirausah­aan Ubaya. Dia menyampaik­an orasi tentang Membangun Dunia yang Lebih Baik: Dari Akuntansi Menuju Akuntabili­tas dan Spirituali­tas.

 ??  ??
 ?? SEPTINDA AYU PRAMITASAR­I/JAWA POS ?? DI DEPAN ANGGOTA SENAT: Dari kiri, Prof Sujoko Efferin, Ir Benny Lianto MMBAT, dan Prof Suyanto setelah pengukuhan guru besar kemarin.
SEPTINDA AYU PRAMITASAR­I/JAWA POS DI DEPAN ANGGOTA SENAT: Dari kiri, Prof Sujoko Efferin, Ir Benny Lianto MMBAT, dan Prof Suyanto setelah pengukuhan guru besar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia