Jawa Pos

Disbudpar Matangkan Konsep Museum Abu Han

-

SURABAYA, Jawa Pos – Museum Pendidikan di Jalan Genteng Kali telah resmi dibuka Pemkot Surabaya. Museum Olahraga di Jalan Indragiri memasuki tahap pembanguna­n. Lantas, bagaimana dengan Museum Abu Han di Jalan Karet?

Saat ini keinginan publik untuk mendatangi museum di kawasan kota tua tersebut memang cukup besar. Masyarakat ingin tahu apa saja koleksi keluarga Han (Han Bwee Koo) yang masih tersisa. Meski, hingga kini, belum diketahui kapan museum itu dibuka.

Saat dimintai konfirmasi, Kabid Kebudayaan Disbudpar Kota Surabaya Dayu Kadek Asritami memastikan bahwa Rumah Abu Han akan dibuka untuk wisata museum. Pengoperas­ian museum masih menunggu proyek penataan Jalan Karet. ’’Setelah revitalisa­si Jalan Karet selesai, museum bisa dibuka. Semoga tahun depan terwujud,’’ ujar Dayu kemarin (10/12).

Menurut Dayu, keberadaan museum sangat penting. Salah satunya, meramaikan Jalan Karet dan sekitarnya. Dengan adanya museum itu, jumlah wisatawan diprediksi melonjak. ’’Yang jelas, di museum akan dipamerkan banyak peninggala­n bersejarah,’’ katanya.

Berdasar informasi, syarat-syarat pendirian museum sebenarnya telah dituntaska­n disbudpar. Penomoran dan pendataan koleksi sudah rampung dilakukan. Proses kajian juga sudah selesai.

Rencananya, ada seratus peninggala­n keluarga Abu Han yang ditampilka­n. Mulai cangkir, lukisan, hingga patung. Benda-benda tersebut memiliki riwayat masing-masing. Selain itu, konsep museum telah dirancang. Nanti ruangan tidak sekadar diisi barang pameran. Ada narasi tentang kehidupan Abu Han. Narasi tersebut bakal dipasang di dinding museum.

Kepala Subbidang (Kasubbid) Transporta­si Sumber Daya Air dan Utilitas Bappeko Adi Gunita menjelaska­n, proyek penataan Jalan Karet berlanjut pada 2020. Ada pembanguna­n trotoar anyar. Selain itu, pemerintah bakal memasang lampu ikonik untuk mendukung suasana malam hari. ’’Konsepnya sama seperti sisi utara. Ada PJU yang dimodel klasik,’’ jelas Adi.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PIKAT PERHATIAN: Tampak rumah Abu Han di Jalan Karet yang menyimpan banyak koleksi historis dan segera dijadikan wisata museum.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PIKAT PERHATIAN: Tampak rumah Abu Han di Jalan Karet yang menyimpan banyak koleksi historis dan segera dijadikan wisata museum.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia