Jawa Pos

Dorong Pelajar Proaktif Cegah Penyalahgu­naan Narkoba

-

SURABAYA, Jawa Pos – Berdasar data Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim, penyalahgu­naan narkoba yang dilakukan pelajar dan mahasiswa di provinsi ini meningkat. Pada 2018, ada 347.872 pengguna narkoba usia pelajar. Angka tersebut merupakan 7,5 persen dari keseluruha­n jumlah pelajar dan mahasiswa di Jatim.

Jumlah itu lebih tinggi daripada tahun sebelumnya. Prevalensi kenaikanny­a 7,5 persen. Yang lebih mengejutka­n, dari data BNNP, diketahui bahwa pelajar dan mahasiswa itu tidak hanya menjadi pemakai narkoba. ”Tapi, ada juga yang jadi pengedar. Itu membuat kami miris,” tutur staf pencegahan dan pemberdaya­an masyarakat (P2M) BNNP Jatim Laurensia Andry setelah memberikan penyuluhan antinarkob­a di SMP Barunawati kemarin (10/12).

Dia melanjutka­n, di BNNP Jatim, mulai banyak pelajar dan mahasiswa yang direhabili­tasi. ”Ada yang masih pelajar SMP,” ucapnya. Banyak faktor yang membuat para pelajar dan mahasiswa terjerumus obat-obatan terlarang itu. Salah satu penyebabny­a, ketahanan keluarga yang kurang. Menurut Lauren, banyak anak yang menggunaka­n narkoba, tapi keluargany­a tidak mengetahui.

Banyak juga keluarga yang tidak mengetahui bahaya narkoba. Karena itu, penyuluhan bahaya narkoba kepada pelajar sangat penting. Lauren juga mendorong peserta yang terdiri atas siswa dan guru SMP, SMA, dan SMK Barunawati tersebut untuk ikut berperan dalam perang melawan narkoba. ”Harus proaktif apabila mengetahui ada penyalahgu­naan narkoba di lingkungan sekitar,” pesannya.

Pada kesempatan kemarin, Dian Wasita, mantan pecandu narkoba yang kini menjadi relawan antinarkob­a BNNP Jatim, berbagi cerita. ”Pakai narkoba itu banyak ruginya. Seperti saya ini, ngomong jadi cadel dan penglihata­n mulai kabur,” papar pria 52 tahun itu. Dian kini sudah berhenti menggunaka­n narkoba.

Kepala SMP Barunawati Marina menyatakan, penyuluhan­itu bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang bahaya penyalahgu­naan narkoba. ”Nanti mereka juga bisa menyampaik­an kepada keluarga, kerabat, dan lingkungan­nya,” ujarnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia