Jawa Pos

Basement Balai Pemuda Mulai Tahap Pembetonan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan basement kompleks Balai Pemuda memasuki tahap persiapan pemasangan beton. Akhir tahun ini, proses betonisasi Jalan Yos Sudarso ditargetka­n selesai.

Beberapa pekerja memasang cetakan beton. Sementara itu, penuangan beton direncanak­an minggu depan. Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Krestian mengatakan, penuangan beton tersebut berlangsun­g singkat. ’’Hanya dua hari. Setelah itu, tinggal tunggu pematangan beton,’’ paparnya. ’’Sesuai target, akhir tahun ini pembetonan sudah selesai,” lanjutnya.

Meski optimistis sesuai perencanaa­n, Iman mengakui banyak kendala yang muncul. Salah satunya, hujan yang mulai membasahi Surabaya. Kondisi itu memang sedikit mengganggu. ”Proses betonisasi tidak bisa kena air. Untuk itu, kami selimuti dengan plastik saat pengerjaan,” jelasnya.

Setelah tahap pengecoran selesai, pengerjaan selanjutny­a adalah pembanguna­n di area basement. Saat ini dilakukan pengerukan untuk lantai landasan perancah. Setelah dicor nanti, kedalamann­ya ditambah 3 meter dari saat ini.

Pengerjaan area basement dikebut mulai tahun depan. Targetnya, pertengaha­n tahun dan paling cepat pada Maret, proyek senilai Rp 78,8 miliar itu sudah difungsika­n.

Sesuai rencana, proyek bawah tanah tersebut dimanfaatk­an sebagai kegiatan seni dan pemasaran berbagai produk. Konsepnya berupa ruangan kosong yang nanti bisa diatur sesuai kebutuhan. Basement itu akan melengkapi kompleks Balai Pemuda sebagai pusat seni dan budaya di Surabaya.

 ?? IMAN KRESTIAN FOR JAWA POS ?? PEMBETONAN TUNTAS BULAN INI: Beberapa pekerja memasang cetakan beton untuk proyek basement kompleks Balai Pemuda kemarin.
IMAN KRESTIAN FOR JAWA POS PEMBETONAN TUNTAS BULAN INI: Beberapa pekerja memasang cetakan beton untuk proyek basement kompleks Balai Pemuda kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia