Jawa Pos

Panglima TNI Tinjau Kesiapsiag­aan Pasmar 2

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bumi Marinir Karang Pilang kedatangan tamu istimewa. Kemarin (10/12) Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto datang untuk meninjau kesiapsiag­aan prajurit petarung Pasukan Marinir (Pasmar) 2. Dengan begitu, para prajurit sudah siap jika sewaktu-waktu ada tugas melaksanak­an operasi.

Kedatangan pucuk pimpinan tertinggi TNI itu disambut dengan gun drill oleh prajurit Korps Marinir. Simulasi pertempura­n itu diawali dengan tembakan dari empat unit BVP 2. Selanjutny­a, pasukan infanteri secara taktis melaksanak­an gerak maju untuk kontak dengan memanfaatk­an lindung tinjau dan lindung tembak di antara tank PT 76 M.

Tank yang dilengkapi persenjata­an lengkap juga menembak sasaran untuk menghancur­kan daerah musuh. Bangalore torpedo juga diluncurka­n untuk memorak-porandakan daerah lawan. Meski jaraknya cukup jauh, prajurit tetap melancarka­n serangan dengan tembakan terukur. Setelah membombard­ir dengan senapan dan ledakan, prajurit Korps Marinir akhirnya berhasil menguasai daerah musuh.

Simulasi serangan diakhiri dengan tembakan penghancur­an oleh meriam M2A2 Howitzer kaliber 105 mm. Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, dirinya datang ke Karang Pilang untuk inspeksi pasukan. ’’Memang sengaja saya menginspek­si Marinir,’’ ucapnya.

Menurut Hadi, inspeksi itu dilakukan untuk melihat kesiapsiag­aan prajurit. Setiap Komando Utama (Kotama) menjalani latihan kesiapsiag­aan operasiona­l (LKO). Dia menilai latihan para prajurit itu berlangsun­g dengan baik. Semua yang dilakukan terukur dan sesuai dengan protap. ’ Jika nanti sewaktu-waktu mendapatka­n perintah, prajurit Pasmar 2 sudah siap melaksanak­an tugas operasi,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia