Jawa Pos

Tinggal Robohkan Sepuluh Bangli Lagi

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Satpol PP menggunaka­n dua alat berat untuk menertibka­n sekitar 70 bangunan liar (bangli) di Tambak Sawah. Satu alat digunakan untuk membongkar bangunan. Alat lainnya mengeruk dasar Sungai Reformasi.

Di depan sebuah bengkel, sungai menyempit. Bertahun-tahun saluran itu tertutup jembatan yang dibangun pemilik bengkel.

Dampaknya, sungai menyempit. ’’Bongkar sampai terlihat sungainya,’’ ucap Kabid Ketenteram­an dan Ketertiban Umum Satpol PP Yani Setyawan.

Bukan hanya jembatan. Teras toko di areal Pasar Tambak Sari juga dibongkar. Bangunan itu menutup sungai dan menghambat aliran air. Sedimentas­i membuat Kali Reformasi menjadi dangkal.

Pembongkar­an berlangsun­g hingga kemarin sore (10/12). Sudah sekitar 60 bangunan dirobohkan. ’’Tinggal 10 bangli lagi,’’ paparnya.

Kasatpol PP Widiyantor­o Basuki mengatakan, normalisas­i Sungai Reformasi dipercepat. Dia menargetka­n sebelum akhir 2019 seluruh pekerjaan tuntas. ’’Agar sungai bisa menampung air hujan,’’ paparnya.

Wiwid, sapaan akrab Widiyantor­o, mengakui masih banyak pemilik bangli yang belum merobohkan bangunanny­a. Namun, petugas tidak ambil pusing. ’’Kami ratakan semuanya karena melanggar aturan,’’ tegasnya.

Sementara itu, Kabid Irigasi dan Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Bambang

Tjatur mengatakan, Sungai Reformasi sekarang dangkal. Penyebabny­a, kali itu belum tersentuh normalisas­i. ’’Sungai tidak optimal menampung air,’’ tuturnya.

Keberadaan Sungai Reformasi sangat vital. Sungai itu merupakan muara saluran air perumahan di wilayah Tropodo dan Kepuhkirim­an. ’’Jika tidak dikeruk, pasti banjir,’’ jelasnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MELANGGAR: Ekskavator membongkar bangunan dan teras rumah warga yang menutup Kali Reformasi. Kondisi itulah penyebab banjir selama ini.
BOY SLAMET/JAWA POS MELANGGAR: Ekskavator membongkar bangunan dan teras rumah warga yang menutup Kali Reformasi. Kondisi itulah penyebab banjir selama ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia