Jawa Pos

Debit Berkurang dan Kualitas Buruk

PDAM Minta Perum Jasa Tirta dan BBWS Buka Pintu Air

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pelayanan PDAM Delta Tirta kembali dikeluhkan pelanggan. Volume air terus mengecil. Kualitas air pun buruk. Musim kemarau panjang menjadi penyebab utama.

Salah satu pelanggan PDAM yang terdampak adalah Lily, warga Pondok Wage Indah. Menurut dia, sudah sebulan, debit air mengecil. Air baru mengalir saat malam ketika warga sudah tidur terlelap. ’’Itu pun sangat kecil,’’ ujarnya.

Tiga hari belakangan, kondisi kian parah. ’’Air enggak keluar sama sekali,’’ keluhnya. Sampai kemarin, warga belum mendapatka­n penjelasan dari PDAM mengenai aliran air yang mati tersebut. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, dia terpaksa membeli air.

Di Desa Semambung, pelanggan PDAM mengeluhka­n hal serupa. Sudah sebulan kualitas air buruk. Masyarakat mendapatka­n air kotor. Salah satunya, Hafes Muhammad As’ad. Menurut dia, air sangat keruh. ’’Tidak layak dibuat mandi. Seharusnya, pelanggan mendapat kompensasi. PDAM harus mengirimka­n air tangki,’’ tuturnya.

Pjs Direktur Utama PDAM

Delta Tirta Abdul Basit Lao mengakui, kuantitas dan kualitas air PDAM sering dikeluhkan. Namun, hal itu bukan 100 persen kesalahan perusahaan daerah tersebut. ’’Ini akibat musim kemarau panjang,’’ katanya.

Saat musim kemarau, volume sungai turun drastis. Alhasil, bahan baku air PDAM juga berkurang. ’’Penurunan air baku sampai 300 liter per detik,’’ jelasnya. Di Wage, lanjut Basit, air sempat mati. Penyebabny­a, pipa distribusi PDAM pecah. Saat ini petugas tengah memperbaik­i pipa tersebut. ’’Pelayanan berangsur normal,’’ ucapnya.

Minimnya debit sungai membuat kualitas air PDAM menurun. Solusinya, PDAM dan pemkab berkirim surat ke sejumlah pihak. Yaitu, Perum Jasa Tirta dan Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS). ’’Kami minta pintu air dibuka agar volume air di sungai bertambah,’’ ungkapnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? yang mau mengajukan izin harus menulis di lalu di-scan. Sekarang pemohon langsung isi di dan hasil tulisan itu jadi SK. ’’Mengurangi pekerjaan di DPMPTSP. SK-nya sudah jadi 90 persen karena diketik sendiri oleh pemohon,’’ ujarnya.
Pengembang­an tersebut menjadi salah satu dasar DPMPTSP memperoleh WBK. Meskipun
sudah mendapat penghargaa­n, Ari akan mengembang­kan sistem dengan bisa ke seluruh OPD. ’’Jadi, nanti hanya satu sistem pemrosesan izin, yaitu sippadu. Tidak perlu setiap dinas punya sistem,’’ katanya. ’’Tahun depan kita targetkan sudah
ucapnya.
Saat ini sistem perizinan terkoneksi dengan Dinas Lingkungan
Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo. ’’Dinas lain sedang proses,’’ ujarnya.
Sementara itu, Polresta Sidoarjo kembali mempertaha­nkan zona integritas dengan predikat wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Itu adalah penghargaa­n ketiga berturut-turut sejak 2017. ’’Kerja sama dengan berbagai pihak dan inovasi menjadi kunci utama kami
untuk mempertaha­nkan predikat ini,’’ ujar Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho.
Apresiasi tersebut membuat pihaknya semakin termotivas­i untuk melayani masyarakat Kota Delta dalam berbagai hal. ’’Khususnya menghadapi dua agenda besar di Sidoarjo tahun depan, yaitu pilkada dan pilkades,’’ ucapnya.
BAHAN BAKU: Debit Sungai Siwalanpan­ji, Buduran, yang menyusut kemarin. Sungai tersebut menjadi bahan baku pengolahan air minum PDAM Siwalanpan­ji.
BOY SLAMET/JAWA POS yang mau mengajukan izin harus menulis di lalu di-scan. Sekarang pemohon langsung isi di dan hasil tulisan itu jadi SK. ’’Mengurangi pekerjaan di DPMPTSP. SK-nya sudah jadi 90 persen karena diketik sendiri oleh pemohon,’’ ujarnya. Pengembang­an tersebut menjadi salah satu dasar DPMPTSP memperoleh WBK. Meskipun sudah mendapat penghargaa­n, Ari akan mengembang­kan sistem dengan bisa ke seluruh OPD. ’’Jadi, nanti hanya satu sistem pemrosesan izin, yaitu sippadu. Tidak perlu setiap dinas punya sistem,’’ katanya. ’’Tahun depan kita targetkan sudah ucapnya. Saat ini sistem perizinan terkoneksi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo. ’’Dinas lain sedang proses,’’ ujarnya. Sementara itu, Polresta Sidoarjo kembali mempertaha­nkan zona integritas dengan predikat wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Itu adalah penghargaa­n ketiga berturut-turut sejak 2017. ’’Kerja sama dengan berbagai pihak dan inovasi menjadi kunci utama kami untuk mempertaha­nkan predikat ini,’’ ujar Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho. Apresiasi tersebut membuat pihaknya semakin termotivas­i untuk melayani masyarakat Kota Delta dalam berbagai hal. ’’Khususnya menghadapi dua agenda besar di Sidoarjo tahun depan, yaitu pilkada dan pilkades,’’ ucapnya. BAHAN BAKU: Debit Sungai Siwalanpan­ji, Buduran, yang menyusut kemarin. Sungai tersebut menjadi bahan baku pengolahan air minum PDAM Siwalanpan­ji.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia