Jawa Pos

PEWARNA BEBAS AMONIA

UNTUK KESEHATAN RAMBUT

-

RAMBUT adalah aset penting untuk menunjang penampilan seseorang. Karena itulah, bagian tubuh ini sering kali disebut mahkota yang perlu diperhatik­an keindahan dan kesehatann­ya. Secara garis besar, rambut terdiri atas hair shaft (batang rambut), arrector pili muscle (otot arektorpil­i), sebaceous gland (kelenjar minyak), hair follicle (folikel rambut), hair bulb (bulbus rambut), dan hair papilla (papilla rambut). Setiap helai rambut memiliki tiga lapisan. Yakni, medula di bagian tengah, korteks yang melingkari medula dan merupakan bagian utama rambut, serta kutikula (bagian luar yang keras dan melindungi batang rambut).

Warna rambut atau pigmentasi ditentukan oleh dua jenis melanin, yaitu eumelanin dan pheomelani­n. Tingkat eumelanin memberikan warna cokelat pada rambut atau hitam gelap. Sementara itu, pheumelani­n memberikan warna kuning, merah, atau cokelat pada rambut. Tingkat pigmen melanin yang dapat berubah-ubah juga bisa mengubah warna rambut. Salah satu penyebabny­a adalah efek penuaan.

Seiring dengan bertambahn­ya usia, produksi melanin di akar rambut berkurang dan sejumlah besar rambut dapat tumbuh tanpa pigmen. Melanin diproduksi sel induk yang disebut melanosit dan terletak di dasar folikel rambut. Produksi melanin jadi terganggu ketika sel mulai mati saat penuaan.

Pada dasarnya setiap orang memiliki proses penuaan rambut (beruban) yang berbedabed­a tergantung dari kebiasaan pola makan, kebiasaan memakai minyak rambut dan faktor genetik sehingga proses penuaan terjadi di usia yang bervariasi. Misalnya, ada yang dimulai dari usia 30 tahunan dan ada pula proses penuaan terjadi pada usia 40 hingga 50 tahunan.

Selain efek penuaan dan genetika, uban dapat muncul secara prematur atau dini karena kekurangan vitamin tertentu seperti vitamin B12. Gangguan hormon tiroid seperti hipotiroid­isme atau hipertiroi­disme juga bisa membuat rambut jadi sangat kering dan rapuh. Vitiligo, stres, dan anemia pernisiosa juga mengakibat­kan uban muncul lebih dini.

Penyebab rambut memutih lebih awal pun dapat dikaitkan dengan berbagai kondisi lain, seperti penggunaan bahan kimia pada rambut yang berlebih, polusi, dan merokok. Untuk menghitamk­an rambut kembali, biasanya masyarakat menggunaka­n pewarna rambut. Itu merupakan hal lumrah. Bagi perempuan maupun laki-laki yang berjiwa muda, mewarnai rambut adalah eksperimen untuk tetap tampil muda, modis, dan fashionabl­e.

Tapi, amankah kalau cat rambut sering mampir ke kepala kita? Riset tentang kaitan cat rambut dan kanker dilakukan sejak 1970-an dan merupakan bahan kosmetik yang paling banyak diteliti sehingga kita tak perlu takut mewarnai rambut. Kita tetap bisa tampil muda, modis, dan fashionabl­e dengan warna rambut yang diinginkan. Produk pewarna rambut telah melalui berbagai riset. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimba­ngkan. Misalnya, reaksi pada pemilik kulit sensitif.

Sebelum mewarnai rambut, sebaiknya Anda menjalani tes alergi dengan meletakkan zat pewarna rambut di bagian tangan atau leher belakang telinga. Jika timbul rasa gatal, lebih baik jangan melakukan pewarnaan. Selanjutny­a, periode pewarnaan rambut sebaiknya dilakukan minimal empat bulan untuk menghindar­i rambut kusam dan kering.

Saat ini ada berbagai metode pengecatan rambut. Umumnya, rambut di-bleaching sebelum dicat. Dalam proses bleaching, rambut dikerok dan ditipiskan agar zat berwarna mudah masuk ke rambut. Bleaching secara otomatis menggunaka­n bahan amonia untuk penetrasi cat ke dalam rambut. Sayang, bahan kimiawi aktif itu bisa memicu kerontokan dan kebotakan. Belum lagi rasa perih yang ditimbulka­n.

Hal terpenting dalam mewarnai rambut yang aman adalah bagaimana metode melakukann­ya. Semua itu kembali pada pengaplika­sian pewarna rambut yang baik dan benar. Sepanjang prosedur ini dijalankan, risiko yang tak diinginkan dapat diminimalk­an. Terlebih, teknologi sudah sangat maju dan amat memperhati­kan kesehatan.

Bagus memperkena­lkan produk pewarna rambut baru yang tidak mengandung bahanbahan kimia berbahaya bagi rambut terutama bahan amonia. Amonia pada pewarna rambut bisa memicu terjadinya kanker pada kulit kepala melalui akar rambut. Namun, cara pemakaian dan penggunaan sebaiknya mengikuti aturan pemakaian yang sudah tertera pada kemasan Bagus Nina Hair Dye.

Bagus Nina Hair Dye merupakan pewarna rambut alami yang mudah dan praktis digunakan tanpa harus ke salon kecantikan. Bagus Nina Hair Dye terdapat dua pilihan kemasan, kemasan isi 3 dan kemasan isi 6. Untuk mendapatka­n Bagus Nina Hair Dye sangatlah mudah, kini sudah tersedia di toko-toko, supermarke­t, atau minimarket terdekat.

 ?? NINA HAIR FOR JAWA POS ?? BEBAS AMONIA: Amonia pada pewarna rambut bermanfaat untuk penetrasi cat ke dalam rambut. Namun, bahan kimiawi aktif dapat mengakibat­kan kerontokan, kebotakan, dan terasa perih saat dipakai. Karena itu, gunakan pewarna rambut yang bebas amonia.
NINA HAIR FOR JAWA POS BEBAS AMONIA: Amonia pada pewarna rambut bermanfaat untuk penetrasi cat ke dalam rambut. Namun, bahan kimiawi aktif dapat mengakibat­kan kerontokan, kebotakan, dan terasa perih saat dipakai. Karena itu, gunakan pewarna rambut yang bebas amonia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia