Jawa Pos

Informasi Kematian Salah Foto

-

KABAR meninggaln­ya seorang warga Palestina di dalam penjara Israel mendadak tersebar di media sosial. Namun, sebagian informasi yang beredar ternyata sudah direkayasa. Katanya, korban meninggal itu adalah bocah berusia 17 tahun.

Jawa Pos menemukan kabar itu diunggah akun Twitter Mohd Noor Basiron

(bit.ly/AdikSami) pada 29 November lalu. ’’Adik Sami Abu Dyak berusia 17tahun telah gugur Syahid akibat dari kekejaman Israel,’’ tulis akun tersebut sambil mengunggah foto wajah remaja yang sangat tampan.

Di Facebook, informasi beserta foto yang sama disebar lebih dari 2.000 kali. ’’Betapa banyak anak2 Palestina tak bersalah yg dikurung di penjara krn target Tentara Israel membunuh mereka agar populasi anak2 Palestina sebagai generasi penerus pd akhirnya akan habis,’’ tulis akun Ummi Mutiara Dakwah (bit.ly/Anak17Tahu­n) pada 30 November lalu.

Saat ditelusuri, Sami Abu Diyak memanglah warga Palestina yang meninggal di penjara Israel November lalu. Namun, usianya tidak lagi remaja. Pria yang meninggal karena kanker itu sudah berumur 36 tahun.

Memanfaatk­an situs padanan gambar, foto remaja tampan yang diklaim bernama Abu Diyak ternyata adalah wajah aktor asal Amerika Serikat Ian Nelson alias Ian Michael Nelson. Foto yang sama pernah diunggah fan page resmi milik Ian Nelson pada 3 Juli 2011. Anda bisa melihatnya di bit.ly/IanNelson.

Sementara itu, foto wajah Sami Abu Diyak bisa ditemukan di situs middleeast­eye. net. Saat itu foto Sami dibawa ibu-ibu Palestina yang sedang berduka di kediaman Sami, Tepi Barat, pada 26 November lalu. Foto Sami juga tampak dibawa para warga Palestina dalam demo di Ramallah pada hari yang sama.

Menurut Middle East Eye, sebelum meninggal, Sami Abu Diyak menderita kanker stadium akhir. Dia tidak diizinkan menjalani perawatan bersama keluarga. Akhirnya, pria tersebut meninggal di klinik penjara Ramla, Israel, tanpa ada pendamping­an dari anggota keluarga. ’’Otoritas pendudukan tahu dia sekarat dan belum menolak untuk membebaska­nnya,’’ kata Sahar Francis, direktur organisasi dukungan tahanan Palestina, Addameer.

Sami Abu Diyak adalah warga kelima Palestina yang tewas dalam tahanan Israel selama 2019. Pasukan Israel menangkapn­ya saat pecah Intifada Palestina kedua pada 2002. Abu Diyak dinyatakan bersalah dan divonis hukuman penjara oleh Pengadilan Militer Israel dengan tuduhan membunuh tiga orang. Anda dapat membacanya di bit.ly/Pria36Tahu­n.

Situs pencari fakta asal Amerika Serikat Factbase.us juga mengklarif­ikasi kabar palsu yang beredar luas di medsos itu. Disebutkan, foto wajah Ian Michael Nelson, aktor asal AS, telah disebar dengan narasi yang keliru. Situs itu juga menyebutka­n bahwa Ian Nelson aktif bermain film dalam sembilan tahun terakhir. Dia pernah membintang­i film The Hunger Games dan The Boy Next Door. Anda dapat membacanya di bit. ly/BukanAbuDi­yak.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI CHIS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia