Jawa Pos

Percepat Munas, Calonkan OSO Lagi

-

JAKARTA, Jawa Pos – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) akan mempercepa­t pelaksanaa­n musyawarah nasional (munas). Forum tertinggi partai itu diadakan hari ini sampai 19 Desember mendatang di Hotel Sultan, Jakarta. Para kader sepakat kembali mengusung Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai ketua umum.

Ketua Bidang Organisasi DPP Partai Hanura Benny Rhamdani menuturkan, jadwal pelaksanaa­n munas diputuskan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang dihadiri jajaran DPD dan DPC partai. ’’Munas seharusnya digelar pada Februari 2020,’’ ungkap Benny saat konferensi pers di Kantor DPP Hanura, City Tower, Thamrin, Jakarta, kemarin (16/12).

Menurut dia, rapimnas juga mengeluark­an rekomendas­i calon ketua umum, yaitu OSO. Hanya satu nama yang dicalonkan. Dengan pencalonan tunggal, kata dia, partainya tak lantas antidemokr­asi. Hanura tetap menjalanka­n demokrasi dalam munas.

Benny menjelaska­n, dalam aturan AD/ART partai disebutkan, calon ketua umum sedikitnya harus mendapatka­n dukungan 300 DPC. ’’Saat ini hampir seluruh DPC mendukung Pak Oesman Sapta,’’ ujarnya. Mereka ingin OSO kembali memimpin partai untuk menghadapi Pemilu 2024.

Munas Hanura tidak akan mengundang Presiden Joko Widodo dan para ketua umum partai lain. Sebab, terang Benny, munas hanya dikhususka­n internal partai yang memiliki hak suara. Presiden Jokowi bersama para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju bakal diundang dalam perayaan ulang tahun partai pada Januari 2020.

Benny juga memastikan bahwa panitia munas tidak mengundang Wiranto yang sekarang menjabat anggota Dewan Pertimbang­an Presiden (Wantimpres). Menurut dia, mantan Menko Polhukam itu saat ini tidak memiliki jabatan apa pun di Partai Hanura.

Berdasar munas di Solo beberapa waktu lalu, lanjut Benny, Partai Hanura tidak lagi mengenal istilah dewan pembina yang sebelumnya pernah dijabat Wiranto. Yang ada adalah dewan pakar dan penasihat. Menurut dia, yang paling disayangka­n dari Wiranto adalah sikap politiknya yang lebih mendukung kubu yang menyelengg­arakan munas di Bambu Apus, Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia