Jawa Pos

Boeing Putuskan Tunda Produksi 737 MAX

- Tak Tahan Gempa, Gedung Sisa Ledakan Hiroshima Akan Dihancurka­n

WASHINGTON, Jawa Pos – Kabar tak sedap sedang menyelimut­i produsen pesawat Boeing. Menurut laporan The Wall Street Journal, raksasa industri aviasi itu berencana menunda atau mengurangi produksi pesawat 737 MAX dalam waktu dekat. Keputusan tersebut diambil setelah upaya Boeing untuk mempercepa­t evaluasi dan izin terbang pesawat mereka gagal.

Menurut sumber tepercaya, dewan direksi lebih condong pada penundaan produksi. Sebab, Boeing sudah memangkas kecepatan produksi dari 52 pesawat menjadi 42 pesawat per bulan tahun ini. Jika produksi kembali diturunkan, bisa jadi kepercayaa­n klien Boeing menurun lagi. ’’Kalau terjadi penundaan, produksi bisa kembali kapan saja,’’ ujar sumber tersebut menurut CNN.

Pesawat 737 MAX dilanda kontrovers­i setelah mengalami beberapa kecelakaan nahas. Terakhir, kecelakaan Ethiopian Airlines pada Maret silam. Sejak itu, seluruh otoritas di dunia melarang pesawat berkapasit­as besar tersebut diterbangk­an.

Federal Aviation Administra­tion (FAA) pun ditugaskan untuk mengevalua­si kualitas pesawat. Selama itu, Boeing tetap memproduks­i pesawat 737 MAX untuk menghindar­i PHK besar-besaran. Namun, belum ada hasil produksi yang diantarkan sebelum izin dari FAA keluar.

’’Kami terus bekerja sama dengan FAA dan regulator penerbanga­n dunia lainnya untuk sertifikas­i MAX,’’ kata juru bicara Boeing kepada Agence FrancePres­se.

Namun, optimisme Boeing akhirnya menciut setelah Kepala FAA Steve Dickson mendatangi CEO Boeing Dennis Muilenburg pekan lalu. Dia menegaskan bahwa keinginan Boeing untuk menerbangk­an seri MAX tahun ini tak tercapai.

’’Pernyataan Boeing di muka umum seakan menekan FAA untuk mempercepa­t proses. Namun, Boeing seharusnya berfokus terhadap kualitas dan jadwal yang sudah ditetapkan,’’ tutur Dickson dalam catatan kesaksiann­ya di Kongres AS.

Sebelum Ethiopian Airlines, pesawat 737 MAX juga mengalami kecelakaan untuk penerbanga­n Lion Air pada 2018. Total korban jiwa dalam dua kecelakaan itu mencapai 346 jiwa.

 ?? AP PHOTO/TED S. WARREN ?? TUNGGU KEPUTUSAN: Seorang pekerja mempersiap­kan pesawat Boeing 737 MAX milik maskapai United Airlines yang akan terbang di Washington, 11 Desember.
AP PHOTO/TED S. WARREN TUNGGU KEPUTUSAN: Seorang pekerja mempersiap­kan pesawat Boeing 737 MAX milik maskapai United Airlines yang akan terbang di Washington, 11 Desember.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia