Jawa Pos

Mampu Berdiri karena Terbuat dari Beton Bertulang

Ledakan bom atom di Hiroshima pada 6 Agustus 1945 lalu tak berhasil merobohkan tiga gedung besar di Hiroshima. Namun, kini pemerintah setempat berencana menghancur­kan dua gedung di antaranya. Penduduk tak terima.

- SITI AISYAH, Jawa Pos

’’KAMI sangat menentangn­ya.’’ Pernyataan keras itu terlontar dari bibir Iwao Nakanishi. Pria 89 tahun tersebut mengomenta­ri rencana Pemerintah Kota Hiroshima, Prefektur Hiroshima, Jepang, untuk menghancur­kan dua gedung tua di wilayah tersebut.

Penduduk sekitar menentangn­ya. Sebab, yang akan dihancurka­n bukanlah bangunan biasa. Melainkan gedung yang tetap kukuh berdiri saat bom atom menghantam kota mereka lebih dari 74 tahun lalu.

Bom atom yang dijatuhkan pasukan sekutu itu telah menghancur­kan ribuan gedung di Hiroshima. Sekitar 80 ribu orang kehilangan nyawa dan 35 ribu lainnya mengalami luka-luka. Nakanishi adalah salah seorang korban selamat dari serangan mematikan untuk menghentik­an Perang Dunia II (PD II) tersebut.

Saat insiden memilukan itu terjadi, Nakanishi berada di dalam salah satu gedung yang akan dihancurka­n itu. Karena itulah, Nakanishi memiliki keterikata­n dengan bangunan tersebut. Dia kini memimpin penduduk sekitar menentang penghancur­an.

’’Mempertimb­angkan kepentinga­n sejarah untuk menceritak­an tragedi tersebut kepada generasi mendatang, kami tidak bisa menerima pembongkar­an tersebut,’’ tegasnya sebagaiman­a dikutip BBC.

Hanya ada 85 gedung dalam radius 5 kilometer dari titik pusat bom atom Hiroshima yang masih berdiri pasca ledakan. Tiga di antaranya cukup besar dan milik pemerintah. Mereka tetap kukuh berdiri karena terbuat dari beton bertulang. Dua gedung yang akan dirobohkan itu hanya berjarak 2,7 kilometer dari pusat ledakan.

Gedung yang dibangun pada 1913 itu dahulu merupakan pabrik pembuatan baju militer. Gedung tersebut lalu beralih fungsi menjadi akomodasi untuk mahasiswa. Setelah sekutu menjatuhka­n bom atom, gedung itu menjadi rumah sakit dadakan untuk menampung para korban. Setelah itu, gedung tersebut terbengkal­ai begitu saja.

Nah, pada 2017, pemerintah melakukan pengecekan dan mendapati bahwa struktur bangunan gedung itu sudah berubah. Dua gedung tersebut rawan ambruk jika terjadi gempa besar. Sebagian jendelanya juga rusak akibat bom atom dulu.

Gedung yang ketiga akan direnovasi agar tetap bisa berdiri. Penduduk ingin dua gedung yang akan dirobohkan pada 2022 itu juga mendapat perlakuan serupa.

Nakanishi menegaskan, jika sudah direnovasi, gedung besar itu bisa dialihfung­sikan untuk area pameran seni atau sekadar tempat belajar sejarah. Pemerintah juga bisa memakainya sebagai fasilitas untuk mempromosi­kan penghancur­an senjata nuklir.

’’Ini adalah gedung penting yang menunjukka­n pada kita betapa mengerikan­nya bom atom,’’ terang salah seorang penduduk pada Yomiuri.

Salah satu bangunan sisa bom atom yang paling terkenal di Hiroshima adalah Genbaku Dome yang terletak di Peace Memorial Park. Bangunan itu masuk dalam warisan budaya dunia UNESCO. Gedung tersebut sudah diperkuat agar tahan gempa.

 ?? THE MAINICHI ?? KENANGAN PERANG: Salah satu gedung tua yang akan dihancurka­n pemerintah Hiroshima. Gedung tersebut selamat dari bom atom.
THE MAINICHI KENANGAN PERANG: Salah satu gedung tua yang akan dihancurka­n pemerintah Hiroshima. Gedung tersebut selamat dari bom atom.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia