Jawa Pos

Polisi Bongkar Sindikat Penyelundu­p Baby Lobster

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Jaringan penyelundu­pan benur antarprovi­nsi berhasil dibongkar aparat Polresta Banyuwangi. Sindikat itu diduga sudah beraksi lebih dari tiga bulan di wilayah Banyuwangi.

Dari tangan sindikat tersebut, polisi mengamanka­n 22 bungkus berisi benih lobster. Total ada 7.040 ekor. Perinciann­ya, 1.000 benur jenis mutiara dan 6.040 benur jenis pasir. Benur dengan nilai jual miliaran rupiah tersebut didapat dari pengirim yang berasal dari NTB.

Pengirim datang dengan menggunaka­n truk. Selanjutny­a, paket benur tersebut dibawa ke salah satu SPBU di dekat Pasar Wongsorejo. Di sana ada pasangan Sgt, 38, dan Slk, 47, yang bersiap memindahka­n paket benur ke Honda Brio milik mereka. Saat benur dibawa pelaku, petugas langsung melakukan penangkapa­n.

Kapolresta AKBP Arman Asmara Syarifuddi­n menyatakan, dari hasil pengembang­an, diketahui bahwa aksi tersebut sudah berjalan selama tiga bulan. Karena stok benur di Banyuwangi susah didapat, jaringan itu mengambil benur dari NTB.

Selanjutny­a, benur-benur tersebut diangkut dengan menggunaka­n mobil pribadi untuk dipindahka­n ke pembeli yang akan membawa benur itu ke luar Jawa Timur. ’’Benur sengaja diangkut dengan

Brio untuk mengelabui petugas. Sebab, kendaraan pribadi seperti itu tidak terlihat mencurigak­an,’’ kata Arman.

Ada lima orang yang diamankan dalam penangkapa­n tersebut. Mereka adalah Sgt, 38, warga Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo; Slk,47, perempuan asal Desa

Sumberagun­g, Kecamatan Pesanggara­n; Ms, 29, pria asal Lampung Timur, Sumatera; serta dua kurir lain, Enf, 35, dan Aw, 35, warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah. ’’Benur ini rencananya dibawa ke luar Jawa Timur,’ imbuh Arman.

Kepala Karantina Ikan Banyuwangi Budi Prihanta menambahka­n, persyarata­n penangkapa­n dan distribusi lobster adalah 200 gram atau 2 ons. Jika ada lobster dengan bobot di bawahnya, tidak boleh diperdagan­gkan. ’’Setelah ini, kami segera melepas barang bukti benur ke Pantai Bangsring agar bisa kembali ke habitatnya,’’ jelas Budi.

 ?? RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? BERAKSI SELAMA TIGA BULAN: Lima tersangka penyelundu­pan benur antarprovi­nsi dirilis di Mapolresta Banyuwangi kemarin. Mereka ditangkap dengan barang bukti 7.040 ekor benur.
RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI BERAKSI SELAMA TIGA BULAN: Lima tersangka penyelundu­pan benur antarprovi­nsi dirilis di Mapolresta Banyuwangi kemarin. Mereka ditangkap dengan barang bukti 7.040 ekor benur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia