Jawa Pos

Frozen II Gabung Klub 1 Miliar Dolar

- BLINK Korea Protes di Depan Kantor YG

LOS ANGELES, Jawa Pos – Hampir genap empat pekan setelah dirilis, ’’kekuatan’’ Elsa dalam Frozen II semakin besar. Kemarin (16/12) Disney mengumumka­n bahwa pendapatan film tersebut resmi menembus USD 1 miliar (Rp 14 triliun) pada Sabtu (14/12) waktu setempat. Dengan begitu, sekuel Frozen (2013) itu menjadi film Disney keenam yang menembus angka tersebut tahun ini.

Berada di belakang Avengers: Endgame (USD 2,79 miliar atau Rp 39,1 triliun), The Lion King (USD 1,65 miliar atau Rp 23 triliun), Captain Marvel (USD 1,12 miliar atau Rp 15,7 triliun), Toy Story 4 (USD 1,07 miliar atau Rp 14,9 triliun), dan Aladdin (USD 1,05 miliar atau Rp 14,7 triliun).

Film arahan Chris Buck dan Jennifer Lee itu dirilis sepekan sebelum Thanksgivi­ng dengan pendapatan pekan pembuka domestik USD 127 juta (Rp 1,8 triliun). Lalu, ia bertahan tiga pekan di box office Amerika Utara sebelum akhirnya turun ke posisi kedua setelah dikalahkan Jumanji: The Next Level.

Per akhir pekan lalu, Frozen II meraup USD 336,5 juta (Rp 4,7 triliun) dari box office domestik Amerika Utara dan USD

SEOUL, Jawa Pos – ’’Pada 2019, aku punya target dan keinginan BLACKPINK bisa melakukan dua comeback. Sementara itu, tiga personel lainnya merilis lagu solo dengan urutan Rose, Lisa, dan Jisoo.’’

Begitulah janji yang ditulis Yang Hyun-suk, founder dan mantan CEO YG Entertainm­ent, pada Februari lalu. Namun, sepuluh bulan berselang, janji tersebut tidak terwujud. Bahkan, Hyun-suk kini tidak lagi ada di label itu. Dia mundur dari jabatannya setelah terlibat kasus hukum pada Juni lalu.

BLINK, sebutan fans BLACKPINK, kembali menuntut janji manis YG Entertainm­ent kepada idola mereka. Mulai kemarin (16/12), mereka memasang tuntutan tersebut di billboard truk. Truk itu nongkrong di halaman depan kantor YG Entertainm­ent di kawasan Mapo, Seoul.

Billboard box office 666 juta (Rp 9,3 triliun) dari internasio­nal.

’’Frozen II menjadi film keenam Disney tahun ini yang melampaui USD 1 miliar. Lalu, dengan Star Wars yang tiba beberapa hari lagi, studio ini benar-benar menikmati musim liburan yang membahagia­kan di box office,’’ kata Paul Dergarabed­ian, senior media analyst di ComScore,

sebagaiman­a dilansir dari CNBC.

Soundtrack film tersebut juga sukses. Pada 8 Desember lalu, soundtrack itu memuncaki Billboard 200 album chart.

Hal itu berimbas baik bagi AURORA, tersebut memajang janji-janji Hyunsuk. Plus memutar video dan lagu-lagu BLACKPINK. Bukan hal yang aneh kalau penggemar grup idola di Korea Selatan sangat fanatik dan militan. Cara mereka mengidolak­an tak sekadar dengan membeli album, merchandis­e, dan follow akun-akun medsos idola mereka. Mereka berani untuk menuntut.

YG Entertainm­ent langsung bereaksi. Mereka mengunggah pernyataan resmi di media sosial dan fan cafe resmi kemarin sore. Pihak label yang juga menaungi BIGBANG itu mendengar aspirasi fans. ’’Kami berharap kalian memberikan dukungan hangat kepada BLACKPINK karena mereka bekerja keras untuk menyiapkan album mereka. Targetnya dirilis pada awal 2020,’’ tulis pernyataan resmi label tersebut.

Admin akun Twitter BLACKPINK Radio yang menginisia­si aksi protes itu menyatakan, proyek serupa dimulai di Seoul pada 18 Desember nanti. ’’Kami memutuskan bersatu dan berjuang demi mereka. Kami yakin

BLACKPINK teman duet Idina Menzel dalam lagu Into the Unknown.

’’Aku tidak begitu peduli soal angka, tapi aku senang melihat orang-orang di luar sana mendengar musik. Dunia perlu musik. Terutama musik yang punya makna di baliknya,’’ tutur AURORA, sebagaiman­a dilansir dari Forbes.

Kesuksesan Frozen II menyusul kabar baik yang disampaika­n awal Desember lalu. Disney menjadi studio pertama dalam sejarah yang melampaui pendapatan USD 10 miliar (Rp 140 triliun) dari box office di seluruh dunia. punya potensi luar biasa,’’ tegas perwakilan admin sebagaiman­a dikutip Billboard.

Dia menilai, YG tidak ’’mengelola’’ Rose, Jennie, Jisoo, dan Lisa dengan baik. Popularita­s girlband ini tidak maksimal, terutama di Korea. ’’Tiga tahun eksis, 13 lagu, tidak ada full album, tidak ada promosi layak, dan hanya satu comeback per tahun. Hal itu mengecewak­an dan sulit diterima,’’ ungkap admin tersebut. Penggemar ingin girlband idola mereka itu tidak cuma tenar di mancanegar­a, tapi juga di rumah sendiri, Korea.

Di sepanjang tahun ini, BLACKPINK tidak bisa dibilang menganggur. Pada April, mereka merilis single album Kill This Love. Dilanjutka­n tur konser dunia, meliputi 32 panggung di empat benua dan 23 kota. Mereka pun sempat tampil di festival musik Coachella.

 ?? TWITTER RICH FURY/GETTY IMAGES FOR COACHELLA/AFP ?? DI DEPAN MARKAS YG: Billboard truk dari fans BLACKPINK yang diparkir di depan kantor YG di Mapo.
TWITTER RICH FURY/GETTY IMAGES FOR COACHELLA/AFP DI DEPAN MARKAS YG: Billboard truk dari fans BLACKPINK yang diparkir di depan kantor YG di Mapo.
 ?? DISNEY ?? SVEN & OLAF: Frozen II berhasil menembus pendapatan USD 1 miliar pada pekan keempat penayangan­nya.
DISNEY SVEN & OLAF: Frozen II berhasil menembus pendapatan USD 1 miliar pada pekan keempat penayangan­nya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia