Jawa Pos

Menguji Julukan ’’Baby Mourinho’’

-

NYON, Jawa Pos – ’’Keinginan’’ Zinedine Zidane untuk menghadapi tim terbaik di babak 16 besar Liga Champions menjadi kenyataan. Dalam undian di Nyon, Swiss, kemarin (16/12), Real Madrid asuhan Zidane bakal ditantang klub yang musim lalu menyapu bersih semua (4) gelar di Inggris, Manchester City.

Real menjadi tuan rumah lebih dulu di Estadio Santiago Bernabeu pada 27 Februari tahun depan, sedangkan second leg di Stadion Etihad berlangsun­g pada 18 Maret.

Rekor sempurna Zidane selama fase knockout Liga Champions (sejak musim 2015–2016 sampai 2017–2018) bakal diadu dengan Pep Guardiola, pelatih City yang notabene mantan pemain-pelatih rival abadi Real, FC Barcelona.

Zidane versus Pep memang menarik atensi warganet dari Real versus City. Sebab, selain memiliki reputasi sebagai pelatih top dunia, mereka punya ciri khas karena sama-sama berkepala plontos. Zidane dan Pep juga sukses memenangi Liga Champions sebagai pemain-pelatih. Zidane 4 kali (3 pelatih, 1 pemain), sedangkan Pep 3 kali (2 pelatih, 1 pemain).

Bagi Pep, Real merupakan klub yang paling sering dihadapi selain Arsenal. Dalam 17 kali pertemuan, Pep membawa timnya menang 9 kali, seri 4 kali, dan kalah 4 kali. Tidak ada pelatih yang punya statistik kemenangan atas Real sebagus Sang Filsuf, julukan Pep. ’’Menghadapi Real seperti El Clasico bagi Pep,’’ tulis laman resmi UEFA.

Direktur Sepak Bola City Txiki Begiristai­n kepada Manchester Evening

News menyatakan, hasil undian melawan Real direspons antusias oleh klubnya. Seperti Pep, nama Begiristai­n kondang sebagai winger Barca periode 1988–1995. ’’Real adalah tim terbaik dalam sejarah kompetisi ini, kolektor 13 gelar Liga Champions,’’ ucap Begiristai­n. ’’Jika ingin menjadi yangterbai­k,kamiharusm­engalahkan yang terbaik,’’ lanjutnya.

Dalam head-to-head pertemuan antara Real versus City, Los Merengues unggul mutlak. Dari empat pertemuan yang pernah terjadi di Liga Champions, Real menang 2 kali dan seri 2 kali.

Seiring pertemuan kedua tim baru berlangsun­g tiga bulan lagi, Begiristai­n memiliki harapan besar bahwa para pemain kunci City yang cedera sudah pulih dan tampil melawan Real. Yakni, bomber Sergio Aguero dan bek Aymeric Laporte. Kehilangan Laporte sejak Agustus lalu, misalnya, lumayan memukul City. Pep sampai harus memainkan gelandang bertahan Fernandinh­o sebagai bek. Sebab, City memilih tidak mencari pengganti Vincent Kompany yang ’’mudik’’ ke Anderlecht musim panas lalu, sedangkan bek lain seperti John Stones ataupun Nicolas Otamendi tak bisa sekonsiste­n Laporte.

Terpisah, Zidane tak kalah tertantang menghadapi Pep yang notabene merupakan kesempatan pertamanya. Ketika Real mengalahka­n City pada semifinal 2015–2016, pelatih The Citizens belum Pep, melainkan Manuel Pellegrini. ’’Fokus saya saat ini adalah pertanding­an (El Clasico pada Kamis dini hari, 19/12, Red),’’ ucap Zidane kepada Marca.

Wolverhamp­ton Espanyol Sporting CP Istanbul Basaksehir Getafe Ajax Amsterdam Bayer Leverkusen FC Porto

FC Kobenhavn Celtic APOEL FC Basel CFR Cluj Sevilla Olympiakos Arsenal

TIM WIESE segera tahu apakah tepat dirinya memberikan julukan ”Baby Mourinho” kepada Julian Nagelsmann. Julukan itu diberikan Wiese pada 2012–2013 ketika dia masih menjadi kiper TSG 1899 Hoffenheim dan Nagelsmann masih menjadi asisten pelatih Frank Kramer. Semusim berikutnya, Nagelsmann menjadi pelatih junior Hoffenheim. ”Metode melatihnya mirip Jose Mourinho, tetapi dengan umur yang jauh lebih muda,’’ sebut Wiese kala itu sebagaiman­a dikutip Bild.

Padahal, Nagelsmann berkalikal­i menolak dibandingk­an dengan Mourinho. ”Usia 32 tahunku pun sudah tak pantas dipanggil Baby,” canda pelatih yang musim ini menangani RB Leipzig setelah tiga musim sebelumnya menukangi Hoffenheim itu. Masalahnya, Nagelsmann tidak bisa menolak julukan itu saat Leipzig harus menghadapi Mourinho dengan tim barunya, Tottenham Hotspur, di babak 16 besar Liga Champions. Apalagi, Nagelsmann

AZ Alkmaar LASK Club Brugge Manchester United Ludogorets Inter Milan Eintracht Frankfurt RB Salzburg antusias menyambut hasil undian tersebut. ’’Aku tidak sabar bertemu Jose. Dia pelatih kelas dunia dan sudah memenangka­n banyak trofi,’’ sebut Nagelsmann di laman resmi klub.

Meski kalah pengalaman, Nagelsmann ingin menunjukka­n performa terbaik di depan The Special One –julukan Mourinho. ”Klub kami telah mampu melakukan melebihi yang kami bisa lakukan (dengan lolos ke fase knockout Liga Champions, Red). Kami yakin bisa lebih baik,’’ sumbar pelatih termuda yang mampu meloloskan klubnya ke fase knockout Liga Champions tersebut.

Nagelsmann yang tengah girang karena Leipzig kembali memuncaki klasemen Bundesliga dikenal sebagai pelatih yang mengedepan­kan permainan ofensif. Buktinya, Die Roten Bullen –julukan Leipzig– musim ini dibawanya menjadi yang paling produktif di Bundesliga (42 gol dari 15 laga).

Namun, Ambasador Spurs Ledley King menganggap pengalaman Mourinho punya nilai lebih. ”Liga Champions adalah tentang pengalaman. Di situlah kelebihan Mourinho yang tak dimiliki Nagelsmann,” ucap mantan bek Spurs itu kepada Evening Standard.

Shakhtar Donetsk VfL Wolfsburg AS Roma Rangers

SL Benfica Malmo FF KAA Gent SC Braga

 ?? DAILY MAIL/TWITTER PAUL ELLIS/AFP ?? JUNIOR VERSUS SENIOR: Julian Nagelsmann akan beradu taktik dengan Jose Mourinho di babak 16 besar Liga Champions.
DAILY MAIL/TWITTER PAUL ELLIS/AFP JUNIOR VERSUS SENIOR: Julian Nagelsmann akan beradu taktik dengan Jose Mourinho di babak 16 besar Liga Champions.
 ?? JEFF PACHOUD/AFP ?? BYE-BYE: Memphis Depay mengakhiri musim lebih cepat karena cedera ACL. vs vs vs vs vs vs
JEFF PACHOUD/AFP BYE-BYE: Memphis Depay mengakhiri musim lebih cepat karena cedera ACL. vs vs vs vs vs vs
 ??  ?? BIG MATCH: Sergio Ramos dan Kevin De Bruyne bakal berebut satu tiket perempat final di Liga Champions musim ini. Pep Guardiola dan Zinedine Zidane akan bersua kali pertama sebagai pelatih.
BIG MATCH: Sergio Ramos dan Kevin De Bruyne bakal berebut satu tiket perempat final di Liga Champions musim ini. Pep Guardiola dan Zinedine Zidane akan bersua kali pertama sebagai pelatih.
 ??  ??
 ?? CHRISTOF STACHE/AFP ??
CHRISTOF STACHE/AFP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia