Jawa Pos

7 Emas berkat Sports Diplomacy

- Mixed team

CABOR menembak jadi bintang kontingen Indonesia di SEA Games 2019. Cabor konsentras­i tersebut menyapu 7 dari 14 emas yang disediakan. Dua di antara tujuh emas tersebut datang dari nomor yang dipertandi­ngkan di Olimpiade Tokyo 2020. Yakni, 10 meter air rifle putri lewat Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba. Satu lagi adalah nomor 10 meter air rifle mixed team yang dipersemba­hkan Fika (sapaan Vidya) bersama Fathur Gustafian.

Sekjen PB Perbakin Firtian Judiswanda­rta menyatakan, sejak awal timnya diragukan banyak pihak. Termasuk KONI dan NOC. Sebab, pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Indonesia hanya menyumbang satu medali emas. Firtian menjelaska­n, pihaknya melakukan banyak hal untuk menggenjot prestasi.

’’Ada dua hal yang kami lakukan, seleknas ketat dan sports diplomacy,’’ ungkap Firtian kepada Jawa Pos saat menemui tim menembak di Manila, Filipina, pekan lalu. Menurut dia, selama persiapan SEA Games, Perbakin gencar melobi tuan rumah. ’’Prinsipnya, kami menawarkan bantuan kepada mereka. Misalnya, terkait kebutuhan pertanding­an,’’ lanjutnya.

Diplomasi olahraga itu berbuah hasil. Firtian mendapatka­n informasi apa pun dari Filipina. Khususnya tentang nomor apa saja yang akan diadakan di SEA Games. Dari informasi tersebut, PB Perbakin meminta seluruh pengprov menggeber latihan untuk nomor-nomor itu. Selanjutny­a, mereka diminta mengirim atlet untuk seleksi nasional pada Maret–November 2019.

’’Atlet Indonesia ini punya potensi. Tapi, kalau tidak diasah lewat kompetisi, bagaimana bisa tahu batasnya di mana,’’ jelas Firtian.

Setelah sukses besar di SEA Games, Perbakin berfokusme­mbinaFikay­angmengunc­itiketke Olimpiade2­020.’Rencanatek­nisnya,kamijuga akanmember­ikandialat­ihandinomo­r50meter 3position. Kami sudah melapor ke Kemenpora agar mendapatka­n anggaran lebih,’ paparnya.

Untuk menambah pengalaman bertanding, Fika bakal banyak berlatih di luar negeri. Perbakin telah menyiapkan partner latihan buat dia. ’’Buat matengin mental. Karena main di luar, melihat performa penembak luar negeri kalau nggak siap bisa bikin drop. Kalau ada partner kan enak buat berbagi,’’ jelas Fika. steeplecha­se case multievent concern

 ?? GRAFIS: HELAMBANG/JAWA POS CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? SEDIKIT LAGI: Perenang muda Azzahra Permatahan­i tampil pada final 200 meter gaya ganti di Indonesia Open Aquatic Championsh­ips 2019 di Stadion Aquatik GBK Sabtu (14/12). Di SEA Games 2019 lalu, dia meraih perak.
GRAFIS: HELAMBANG/JAWA POS CHANDRA SATWIKA/JAWA POS SEDIKIT LAGI: Perenang muda Azzahra Permatahan­i tampil pada final 200 meter gaya ganti di Indonesia Open Aquatic Championsh­ips 2019 di Stadion Aquatik GBK Sabtu (14/12). Di SEA Games 2019 lalu, dia meraih perak.
 ?? NURIS ANDI P/JAWA POS ?? SUKSES BESAR: Skuad menembak ketika ditemui di kawasan Philippine Marine Shooting Range, Lubao, Pampanga, Filipina, pekan lalu (11/12). kepada skuad
NURIS ANDI P/JAWA POS SUKSES BESAR: Skuad menembak ketika ditemui di kawasan Philippine Marine Shooting Range, Lubao, Pampanga, Filipina, pekan lalu (11/12). kepada skuad

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia