Jawa Pos

Ketua RT/RW Wajib Unduh Nakula dan Puntadewa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ada dua aplikasi yang wajib dimiliki ribuan ketua rukun tetangga (RT) se-Surabaya. Yakni, Nakula dan Puntadewa. Aplikasi tersebut menjadi peranti utama dalam pelayanan publik di bidang kependuduk­an dan pencatatan sipil.

Nakula merupakan akronim dari nata administra­si keluarga untuk laporan akta. Aplikasi yang sudah dibuat dalam basis Android itu digunakan untuk pendataan akta kependuduk­an. Yang sudah bisa diaplikasi­kan adalah akta kematian dan kelahiran.

Sementara itu, Puntadewa merupakan akronim dari himpun data demografi kawasan. Aplikasi tersebut punya tujuan utama mendata orang yang tinggal di Surabaya, tetapi tidak ber-KTP Surabaya

J

Istilahres­minyapendu­dukSurabay­a nonpermane­n. Kepala Bagian Pemerintah­an dan Otonomi Daerah Surabaya Kanti Budiarti mengungkap­kan bahwa pihaknya memang meminta seluruh ketua RT segera mengunduh dua aplikasi tersebut di ponsel masing-masing. Mumpung mereka baru saja dilantik. Mereka secara resmi bekerja pada 1 Januari atau kurang dari 15 hari lagi.

’’Aplikasi Puntadewa dan Nakula memang salah satu materi pembekalan dalam pelantikan RT,

RW, dan LPMK. Kami minta bantuan keaktifan dari Pak RT dan Pak RW untuk bisa menggunaka­n aplikasi itu,’’ kata Kanti kemarin (16/12).

Materi lain yang diberikan terkait dengan penguatan kelembagaa­n di tiap tingkatan tersebut. Selain itu, ada materi kewaspadaa­n dan keamanan dari kepolisian.

Peran penting RT dan RW ditujukan untuk membantu tugas-tugas pelayanan masyarakat. Sebab, mereka merupakan bagian dari perangkat pemerintah­an. Bahkan, untuk beraktivit­as, pemkot juga mengucurka­n dana operasiona­l.

’’Mereka adalah mitra kerja kelurahan dan kecamatan. Termasuk membantu tugas-tugas pelayanan serta pemberdaya­an masyarakat,’’ jelas mantan camat Sukolilo tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Surabaya Agus Iman Sonhaji mengungkap­kan bahwa aplikasi Nakula dan Puntadewa memang diluncurka­n lebih dari dua bulan lalu. Namun, aplikasi tersebut memang belum bisa secara masif diberlakuk­an.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia