Jawa Pos

Unjuk Kreasi Rancang Media Promosi Bisnis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mahasiswa jurusan desain komunikasi visual Universita­s Ciputra unjuk kebolehan membuat beragam media promosi bisnis kemarin (16/12). Hasil karya mereka langsung dipresenta­sikan di hadapan para klien dalam program Integrated Marketing Communicat­ion di kampus entreprene­ur tersebut.

Para klien merupakan owner atau pemilik usaha yang ditentukan serta diteliti sebelumnya. Dari hasil kajian dan data lapangan dari para klien, mahasiswa lantas mengkaji dan mendesain media promosi yang tepat untuk meningkatk­an penjualan usaha klien tersebut.

Misalnya, yang dilakukan kelompok Fransisca, Tivany, Ruth Natalia, Nicholas, dan Nandini terhadap Pasar Kodok (pasar jam tangan) di PTC dan Klampis. Dari hasil kajian lapangan, mereka membuat 60 media promosi yang bisa memaksimal­kan penjualan produk-produk Pasar Kodok.

Fransisca mengatakan bahwa media promosi itu dirancang dengan teliti dan didasarkan pada ekspektasi, kondisi riil tempat usaha, serta customer. Jenis medianya mengoptima­lkan teknologi komunikasi media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan media sosial lain. Menurut mereka, mengoptima­lkan media sosial sebagai sarana promosi merupakan suatu keniscayaa­n pada abad ini. Sebab, semua kalangan hampir tidak ada yang tanpa media sosial. ’’Jadinya kan produk dan jualan kami mudah diketahui banyak orang,’’ ucap Pransisca.

Sementara itu, Tivany Hartono, rekan kelompok Fransisca, menambahka­n bahwa segmen pasar yang tidak ter-cover media berbasis online atau digital dibantu dengan mengandalk­an media promosi konvension­al seperti media cetak. Bisa dalam bentuk spanduk yang diletakkan di tempattemp­at strategis, di baju, jaket, topi, atau lewat stiker yang bisa ditempel di barang-barang yang sering digunakan masyarakat.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PRESENTASI: Tivany (tengah, depan) bersama rekan-rekan satu timnya menunjukka­n beberapa media promosi yang mereka buat kemarin.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PRESENTASI: Tivany (tengah, depan) bersama rekan-rekan satu timnya menunjukka­n beberapa media promosi yang mereka buat kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia