Jawa Pos

Pengembang­an Wisata Bawean Butuh Perda

-

GRESIK, Jawa Pos – Pengembang­an pariwisata di Gresik selama ini dianggap masih kurang. Pendapatan dari sektor pariwisata dari tahun ke tahun hanya mengandalk­an wisata religi. Karena itu, kalangan dewan mendesak eksekutif berinisiat­if mengajukan perda wisata Bawean.

Sejauh ini, pendapatan asli daerah (PAD) dari wisata hanya bersumber dari kunjungan Makam Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Dua wisata itu menyumbang 80 persen dari pendapatan sektor wisata. Karena itu, permintaan dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud) yang mengajukan kenaikan anggaran untuk promosi pariwisata langsung ditolak.

Ketua Komisi II DPRD Gresik Markasim Halim Widianto mengatakan, permintaan kenaikan untuk promosi wisata itu tidak tepat. Terlebih, kunjungan sektor wisata religi memang selalu tinggi tanpa ada promosi sekalipun. ”Berbeda kalau ada perda wisata Bawean, itu baru perlu promosi,” ucapnya.

Politikus Gerindra itu menyebutka­n, wisata di Bawean memang menjadi alternatif untuk pengembang­an wisata di Gresik.

Apalagi, Pulau Putri itu sudah dikunjungi banyak wisatawan mancanegar­a. Dia menganggap pemerintah kurang inovatif dalam mengurus wisata tersebut.

”Ya itu semua harus serius. Buat

perdanya dulu. Kalau ada perdanya kan enak untuk pola pengembang­annya,” tuturnya. Bahkan, pihaknya siap membantu terkait anggaran apabila konsep itu sudah jelas. ”Jangan malah setengah-setengah yang malah menghabisk­an anggaran,” katanya.

Wakil Ketua Komisi II Syahrul Munir menambahka­n, anggaran promosi pariwisata pada 2020 sebesar Rp 1 miliar. Memang, pihaknya menyoroti kegunaan dana itu. ”Bagaimana, secara teknis promosi wisata di Gresik belum maksimal. Seperti tidak ada inovasi,” tutur politikus PKB itu.

 ?? MALIK FOR JAWA POS ?? NEKAT: Beberapa pengendara motor menerobos pohon yang roboh di Jalan Raya Menganti, Kecamatan Menganti, kemarin.
MALIK FOR JAWA POS NEKAT: Beberapa pengendara motor menerobos pohon yang roboh di Jalan Raya Menganti, Kecamatan Menganti, kemarin.
 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? BERSINERGI: Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani membuka raker MUI.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS BERSINERGI: Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani membuka raker MUI.
 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? POTENSIAL: Kunjungan wisatawan mancanegar­a saat event Wonderful Sail to Indonesia beberapa waktu lalu.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS POTENSIAL: Kunjungan wisatawan mancanegar­a saat event Wonderful Sail to Indonesia beberapa waktu lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia