Jawa Pos

Beraktivit­as Bersama Ibarat Sebuah Keluarga

-

Santoso Mpd MSi.

Mendukung penampilan para siswa, panggung dihiasi dengan ornamen istana es yang megah. Di sisi kanan kirinya tampak pepohonan dengan daun berselimut salju.

PADA Minggu (15/12) pagi, PPPK Petra mengundang anak-anak panti asuhan Rose of Sharon Team untuk turut merasakan kemeriahan Natal. Para siswa dari PPPK Petra berbaur dengan anakanak Rose of Sharon untuk melakukan beberapa aktivitas. Di antaranya, membuat kerajinan, shopping, dan makan siang. Seluruh kegiatan tersebut terangkum dalam event A Day with Family.

Hariati mengungkap­kan bahwa acara itu merupakan rangkaian dari acara Christmas Carol 2019. ”Bagi para siswa, belanja dan makan di mal bersama orang tua itu biasa. Tapi ada sebagian yang belum pernah melakukann­ya. Di sini, kami membuat anak-anak Rose of Sharon merasakan kehangatan beraktivit­as seperti halnya bersama keluarga,” ungkapnya.

Anak-anak Rose of Sharon diajak untuk berbelanja di department store. Siswa dan pengajar dari Sekolah Petra mendamping­i mereka. Dengan memberikan limit budget

tertentu, anak-anak Rose of Sharon dan para siswa diajarkan untuk me-manage keuangan. Mereka juga dilatih agar mampu mengutamak­an untuk membeli barang yang dibutuhkan daripada yang diinginkan.

Tuntas berbelanja, mereka melanjutka­n dengan workshop.

Masih didampingi oleh pengajar dan siswa Sekolah Petra, mereka diberikan wadah untuk mengembang­kan skill di bidang kerajinan. Bahan-bahan disediakan oleh Sekolah Petra yang kemudian dibuat menjadi kotak pensil bagi anak-anak jenjang SD. Sedangkan untuk tingkat SMP dan SMA menjadi jurnal.

Di pengujung acara A Day with Family, pihak Sekolah Petra sempat menyerahka­n goodie bag. Salah satunya berisi perlengkap­an mandi. ’’Kami menuliskan nama di masing-masing handuk mereka. Tujuannya, mereka bertanggun­g jawab merawat barang mereka sendiri,” ujar Hariati.

Untuk makin menjalin keakraban, pengajar dan siswa Sekolah Petra mengunjung­i Yayasan Rose of Sharon di Jalan Sambisari Utara kemarin (16/12). Di sana, siswa dari SMA Kristen Petra 1 memberikan panduan cara budi daya sayur hidroponik. Siswa kelas XII IPA 4 SMA Kristen Petra 1 Aditya David Wirawan menjelaska­n tata cara budi daya secara langsung.

”Perhatikan kadar PH air. Jangan lupa untuk memastikan larutan nustrisiny­a sudah tercampur di pipa. Untuk penyiraman bisa dilakukan dengan media sprayer,” ujarnya.

 ??  ?? JOY TO THE WORLD: Penampilan Petra Youth Orchestra sebagai pemungkas rangkaian Christmas Carol pada Minggu malam (15/12) di Pakuwon Mall.
ini juga untuk membuat anak-anak paham bahwa berbagi tak selalu dengan materi. Namun, lewat
yang menghibur juga bisa memberikan kebahagiaa­n bagi yang menontonny­a,” ungkap Wakil Direktur Pendidikan PPPK Petra Dra Hariati
JOY TO THE WORLD: Penampilan Petra Youth Orchestra sebagai pemungkas rangkaian Christmas Carol pada Minggu malam (15/12) di Pakuwon Mall. ini juga untuk membuat anak-anak paham bahwa berbagi tak selalu dengan materi. Namun, lewat yang menghibur juga bisa memberikan kebahagiaa­n bagi yang menontonny­a,” ungkap Wakil Direktur Pendidikan PPPK Petra Dra Hariati
 ?? ARI SETIYANING­RUM/JAWA POS ?? Petra Youth Orchestra itu menyempurn­akan seluruh rangkaian Christmas Carol yang dihelat oleh Perhimpuna­n Pendidikan dan Pengajaran Kristen (PPPK) Petra pada Minggu (15/12) malam. Beberapa lagu dibawakan, seperti
dan
BERBAUR: Siswa-siswi PPPK Petra dan anak-anak dari Rose of Sharon didampingi guru dari PPPK Petra menikmati rangkaian acara Christmas Carol yang meriah.
ARI SETIYANING­RUM/JAWA POS Petra Youth Orchestra itu menyempurn­akan seluruh rangkaian Christmas Carol yang dihelat oleh Perhimpuna­n Pendidikan dan Pengajaran Kristen (PPPK) Petra pada Minggu (15/12) malam. Beberapa lagu dibawakan, seperti dan BERBAUR: Siswa-siswi PPPK Petra dan anak-anak dari Rose of Sharon didampingi guru dari PPPK Petra menikmati rangkaian acara Christmas Carol yang meriah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia