Jawa Pos

Bahagiakan ODGJ, Ajak Rekreasi

-

SIDOARJO, Jawa Pos – ”Buah kesemek buah kedondong. Emekemek dongg,” ucap Miftahul Jannah dengan lantang. Perkataan itu dia lontarkan saat sesi bermain bersama teman-temannya dari unit pelayanan teknis (UPT) perlindung­an dan pelayanan rehabilita­si sosial di Taman Abhirama kemarin (16/12). Itu kali pertama Miftahul rekreasi.

Perempuan yang mengaku berumur 29 tahun tersebut sudah menjalani rehabilita­si hampir setahun. Selama itu, dia belum pernah pergi ke luar UPT, selain untuk berobat ke RSJ Menur. Perempuan yang berasal dari Pandeglang itu disebut orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Sepanjang acara, perempuan yang mengenakan bando berwarna merah muda itu selalu berbicara. Dia juga sering menyanyi. Sekretaris Dinsos Sidoarjo Ahmad Misbahul Munir menyatakan, kegiatan di luar UPT itu merupakan kali pertama bagi para ODGJ. ”Mereka berhak bahagia,” katanya.

Tidak hanya bertujuan membahagia­kan ODGJ, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu bentuk terapi. Dengan kebahagiaa­n yang dirasakan, Misbahul berharap ada kenangan masa lalu yang bisa mereka ingat. Setidaknya saat ditanya soal alamat dan keluarga, mereka dapat mengingatn­ya. Dengan begitu, pihak dinsos dapat menelusuri keluarga mereka. ”Mereka sembuh, bisa kembali ke keluarga,” tuturnya.

Dalam kegiatan jalan-jalan perdana tersebut, total 20 orang yang ikut. Mereka datang dengan beragam ekspresi di taman. Ada yang hanya terdiam. Tidak ingin berkumpul dengan teman-temannya. Ada juga yang bersemanga­t saat diajak bermain bersama. Kepala UPT Perlindung­an dan Pelayanan Rehabilita­si Sosial

Anastasia Budi Astuti pun berupaya membuat peserta bersemanga­t.

Dia juga membagikan cairan pembersih tangan kepada para penghuni UPT tersebut sebelum mereka makan. Tapi, tidak semua paham kegunaan cairan itu. Alih-alih diratakan di tangan, ada yang langsung mengusapka­n cairan tersebut di wajah. ”Ini bukan untuk wajah. Ati-ati, jangan sampai kena mata. Pedih,” terang Anastasia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia