Jawa Pos

Pemprov Target Turunkan Angka Stunting 2 Persen

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah provinsi memiliki target penurunan jumlah stunting pada 2020. Paling tidak, angka

stunting menurun 2 persen jika dibandingk­an dengan tahun sebelumnya. Beragam cara akan dilakukan untuk memenuhi target tersebut.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak menyatakan, pada 2019, jumlah stunting di Jatim sudah turun. Sebelumnya, jumlah stunting mencapai 35 persen. Kini, jumlah itu sudah turun menjadi 32 persen. ’’Tapi harus tetap ditekan agar terus menurun,’’ katanya.

Dia menuturkan, tren penurunan terjadi dalam kurun waktu enam tahun. Yakni, sejak 2013 hingga sekarang. Total penurunann­ya hanya 3 persen. Artinya, rata-rata penurunan jumlah stunting di Jawa Timur tidak sampai 1 persen per tahun.

Pernyataan tersebut disampaika­n pada diskusi Generasi Sehat SDM Unggul untuk Membangun Peradaban Budaya Bangsa Maju di Gedung Grahadi kemarin (23/12). Dia menegaskan, pemprov bakal menginterv­ensi langsung pola penanganan stunting di Jawa Timur. ’’Ada 12 daerah yang akan didampingi,’’ ucapnya.

Stunting merupakan istilah kondisi manusia yang mengalami gangguan pada tinggi badan. Penderita stunting pada umumnya lebih pendek daripada orang seusianya. Salah satu penyebab

stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak dalam kandungan hingga masa awal anak lahir. Biasanya, hal itu tampak setelah anak berusia 2 tahun.

Bentuk intervensi tersebut beragam. Salah satunya bantuan gizi langsung kepada masyarakat. Pemprov bakal memantau kondisi riil di lapangan. Mulai kesehatan lingkungan, kehidupan sehari-hari, hingga beragam aspek lain yang berkaitan dengan program penanganan stunting.

Karena itu, penanganan stunting akan dilaksanak­an bersama. Artinya, bukan hanya dinas kesehatan yang menangani kasus tersebut. Ada organisasi perangkat daerah (OPD) lain yang juga terlibat. Salah satunya dinas pekerjaan umum cipta karya.

Pemprov juga bakal menggiatka­n relawan di lapangan. Mereka berasal dari Fatayat, Muslimat NU, Nahdlatul Ulama, serta berbagai organisasi lain. Tugas relawan, antara lain, memberikan pemahaman kepada masyarakat. Langkah itu termasuk bagian dari pencegahan stunting di Jawa Timur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia