Jawa Pos

Mengulang Kisah Dua Dekade

-

BERASAL dari klub yang sama, Piacenza, Simone Inzaghi dan Filippo Inzaghi sangat jarang menjalani musim sukses bersama. Sebagai pemain, praktis hanya pada Agustus 1999 kakak beradik itu sama-sama mengangkat trofi juara. Di Eropa pula.

Jika Super Pippo –julukan Filippo– memenangi Piala Intertoto bersama, Simo memenangi Piala Super Eropa bersama Lazio. Dua dekade berselang, duo Inzaghi mengulang momen sukses tersebut.

Simo, 43 tahun, mengangkat trofi Supercoppa Italiana di Riyadh kemarin (23/12). Sementara itu, sang kakak, Pippo (46 tahun), melambungk­an Benevento sebagai pemuncak klasemen Serie B. Gli Stregoni –julukan Benevento– hampir pasti menggengga­m Campione de Inverno (juara paro musim) seiring keunggulan sembilan poin (40-31) Pordenone dengan dua giornata tersisa.

”Dia (Pippo) selalu melakukan yang terbaik untuk klubnya. Aku yakin dia segera kembali ke Serie A,’’ tutur Simo kepada Sky Italia. Musim lalu, duo Inzaghi sempat beradu taktik di Serie A. Simo di Lazio menghadapi Pippo yang melatih Bologna. Hasilnya, Simo membawa Biancocele­sti menang 2-0 di kandang Bologna. ”Dia (Pippo) memiliki pengalaman yang lebih baik,” lanjut Simo.

Jika dibandingk­an dengan Simo, Pippo memang lebih lama melatih. Pippo sudah enam musim menjadi allenatore. Simo? Baru empat musim terakhir. ”Tapi, dia sudah seperti (Sir Alex) Ferguson-nya Lazio. Dia telah melakukan hal yang luar biasa (bersama Lazio),’’ kata Pippo kepada Solo Lazio.

Musim panas lalu, Pippo dikabarkan sempat menyaranka­n agar Simo menerima pinangan Juve sebagai pengganti Massimilia­no Allegri. Tapi, karena dia masih digandoli Lazio, Juve akhirnya memilih Maurizio Sarri. ’’Kesuksesan­nya akan semakin lengkap jika mampu mengantark­an Lazio ke Liga Champions (musim depan),” ujar Pippo.

Koleksi trofi Pippo dan Simo bisa sama persis akhir musim ini. Simo telah mengoleksi tiga trofi. Dua kali Supercoppa Italiana (2017 dan 2019) dan Coppa Italia 2018–2019. Pippo? Juara Serie B bersama Benevento musim ini akan melengkapi kesuksesan menjadikan Venezia juara Lega Pro (kasta ketiga di Italia) dan Coppa Italia Lega Pro pada musim 2016–2017.

 ?? 90MIN ?? TINGGALKAN JUVE: Mario Mandzukic telah sepakat bergabung dengan klub Qatar, Al Duhail.
90MIN TINGGALKAN JUVE: Mario Mandzukic telah sepakat bergabung dengan klub Qatar, Al Duhail.
 ?? GIUSEPPE CACACE/AFP ??
GIUSEPPE CACACE/AFP
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia