Jawa Pos

Pintu Gelora Delta Sidoarjo Tertutup untuk Green Force

-

MANAJEMEN Persebaya Surabaya tak bisa bersantai menyongson­g kompetisi musim depan. Ada begitu banyak pekerjaan rumah yang harus segera dituntaska­n. Salah satunya adalah stadion tempat Persebaya menjamu lawan-lawannya. Sebab, mulai bulan depan, Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya direnovasi.

Manajemen tim berjuluk Green Force itu harus segera mencari stadion pengganti GBT. Tentu bukan asal stadion. Tidak sekadar memenuhi syarat untuk menggelar pertanding­an Liga 1. Namun, stadion yang bisa ’’dijangkau’’ pendukung setia mereka, Bonek. ’’Dijangkau’’ berarti benar-benar bisa diakses

Bonek dalam jumlah masif.

Jika tidak bisa mendapatka­n stadion seperti itu, tentu Persebaya akan kehilangan banyak pemasukan dari tiket pertanding­an. Nah, masalah stadion ini jelas bukan perkara mudah. Apalagi, Sidoarjo sebagai kota tetangga Surabaya menegaskan tidak bisa menjadi tuan rumah untuk Persebaya. Meski, Kota Delta memiliki Gelora Delta Sidoarjo yang sangat representa­tif untuk pergelaran Liga 1.

’’Kami tidak akan memberikan izin untuk Persebaya bermain di Sidoarjo,’’ tegas Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho.

Faktor keamanan menjadi pertimbang­an utama Polresta Sidoarjo.

Keamanan itu tidak semata menyangkut besarnya animo Bonek dalam mendukung Persebaya. Apalagi jika pertanding­an tim asal Kota Pahlawan tersebut dimainkan di Sidoarjo. Sebab, jarak Surabaya dengan Sidoarjo begitu dekat. Tentu, Bonek bisa berbondong-bondong datang ke Gelora Delta. Di sisi lain, jumlah Bonek di Sidoarjo juga sangat besar.

Pertimbang­an keamanan tersebut juga bersinggun­gan dengan agenda Sidoarjo tahun depan. Pada 2020 Kota Delta menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada). Fokus utama pengamanan akan dicurahkan ke pergelaran pilkada tersebut. Karena itu, jika manajemen Persebaya mengajukan izin penggunaan Gelora Delta sebagai kandang mereka musim depan, Polresta Sidoarjo memastikan tidak bakal mengeluark­annya.

’’Saran saya, lebih baik Persebaya bermain di Tambaksari (Gelora 10 November Surabaya) saja. Toh, kapasitasn­ya juga besar,’’ ujar Zain.

Meski memastikan tidak bakal ada izin untuk Persebaya, tidak berarti Gelora Delta akan sepi dari pertanding­an sepak bola. Polresta Sidoarjo tetap akan memberikan izin untuk Deltras Sidoarjo. ’’Selain itu, jika ada tim yang jumlah penontonny­a mungkin tidak banyak, kami masih bisa mengizinka­n. Misalnya, Persipura,’’ paparnya. base

Musim Hebat Kei Hirose Bersama Persela Lamongan

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KE MANA MUSIM DEPAN?:
Kei Hirose menjadi pemain vital bagi Persela Lamongan di Liga 1 musim 2019.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KE MANA MUSIM DEPAN?: Kei Hirose menjadi pemain vital bagi Persela Lamongan di Liga 1 musim 2019.
 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? BERSEJARAH: Persebaya berharap musim depan bisa bermain di Stadion Gelora 10 November.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS BERSEJARAH: Persebaya berharap musim depan bisa bermain di Stadion Gelora 10 November.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia