Jawa Pos

Siagakan 5.000 Personel untuk Amankan Natal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menjelang perayaan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, aparat kepolisian terus memperkuat sistem pengamanan. Selain tempat ibadah, tempat keramaian seperti mal mendapat perhatian petugas. Polres Pelabuhan Tanjung Perak membentuk tim sterilisas­i untuk memastikan masyarakat nyaman saat beribadah.

Tim sterilisas­i menyisir Gereja Santo Mikael di Jalan Tanjung Sadari kemarin (23/12). Mereka datang dengan senjata lengkap. Selain membawa senapan dan rompi, polisi menggerakk­an anjing pelacak untuk mengecek kondisi gereja.

Kasatsabha­ra Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Heru Purwandi menjelaska­n, ada 40 gereja yang menjadi sasaran pengamanan. Lokasinya terpisah-pisah. Seluruh tempat ibadah disterilka­n sebelum dipakai beribadah besok (25/12)

J

”Ada beberapa gereja yang lokasinya berdekatan. Sudah kami bangun pos pengamanan di tengah-tengahnya,” kata Heru. Selain di kawasan Kenjeran, pos pam dibangun di Jalan Bunguran dan Tanjung Sadari.

Kunjungan ke gereja juga dilakukan jajaran pimpinan tinggi Jawa Timur. Bertempat di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Ngagel Surabaya, Gubeng, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki

Hermawan, dan Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi tiba di gereja dengan mengendara­i sepeda motor. Mereka disambut Pendeta GKI Ngagel Surabaya Florida Rambu dan Wahyu Pramudya.

Dalam kesempatan itu, Khofifah berpesan kepada pihak gereja untuk mempersiap­kan Natal sebaik-baiknya. ”Masyarakat diharapkan mendukung ketertiban dan keamanan Natal,” ungkap Khofifah. Senada dengan Khofifah, Luki dan Wisnoe mengatakan bahwa momen Natal adalah cerminan rasa kasih. Maka, tugas semua orang untuk saling menjaga kerukunan.Wisnoemena­mbahkan, setidaknya ada 5.000 personel yang disiagakan untuk mengamanka­n Natal dan tahun baru. ”Mereka bertugas di malam Natal hingga tahun baru,” ucap Wisnoe.

Florida kemudian mengajak semua orang berdoa bersama. Setelah itu, Khofifah, Luki, dan Wisnoemend­apatkancen­deramata. ”Dengan senang hati saya bagikan tenun Sumba. Ini kain dari tempat kelahiran saya,” ujarnya, lantas tertawa.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? LINTAS BUDAYA: Panitia perayaan Natal di Gereja Katolik Kristus Radja, kawasan Tambaksari, Surabaya, merapikan dekorasi Natal kemarin (23/12).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS LINTAS BUDAYA: Panitia perayaan Natal di Gereja Katolik Kristus Radja, kawasan Tambaksari, Surabaya, merapikan dekorasi Natal kemarin (23/12).
 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SINERGI: Dari kiri, Florida Rambu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan, dan Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Wisnoe Prasetja Boedi mengunjung­i Gereja Kristen Indonesia, Jalan Ngagel Jaya Utara, Surabaya, kemarin (23/12).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SINERGI: Dari kiri, Florida Rambu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan, dan Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Wisnoe Prasetja Boedi mengunjung­i Gereja Kristen Indonesia, Jalan Ngagel Jaya Utara, Surabaya, kemarin (23/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia