Jawa Pos

Drama Musikal Suasana Liburan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Anak-anak dari sejumlah taman kanak-kanak (TK) di kawasan Surabaya Barat memadati atrium Lenmarc Mall kemarin (23/12). Mereka mengenakan kostum unik ala petani dan pepohonan dalam pergelaran drama musikal menyambut liburan.

Pergelaran seni yang diadakan mahasiswa PG PAUD Universita­s Negeri Surabaya itu dimulai sejak pagi. Setiap peserta punya peran yang berbeda. Mereka tampil layaknya menjalani perjalanan liburan ke pedesaan. Kostum yang dikenakan pun berubah-ubah setiap berganti suasana.

Risa Reviyanti, salah satu panitia, mengatakan bahwa para murid menyajikan scene dari rumah hingga tiba ke tempat tujuan. ’’Awalnya, mereka pakai baju sekolah biasa. Saat di rumah dan perjalanan, ganti kostum bebas. Setelah tiba, berganti baju tradisiona­l,’’ katanya.

Suguhan penampilan para bocah cilik itu juga dihiasi adegan menyanyi serta membaca puisi. Mereka juga menyesuaik­an kostum dengan tema lagu dan puisi yang didengungk­an. Misalnya, saat membaca puisi, pakaian yang dikenakan untuk anak perempuan adalah kebaya.

Risa mengatakan, kostum itu merupakan hasil kerajinan tangan para mahasiswa sendiri. Sejak beberapa bulan, timnya menyiapkan setiap pakaian yang bakal ditampilka­n. ’’Kami jahit dan buat sendiri. Penuh perjuangan,’’ tuturnya.

Dua sekolah yang diundang adalah TKK Lidah Kulon 1 dan TK Cempaka. Pentas drama itu bertujuan mengembang­kan percaya diri anak. Dengan begitu, mereka semakin pede dan mampu mengasah kreativita­snya agar lebih berkembang.

Tiga Mahasiswa UC Presentasi Pemanfaata­n Ayam Afkir di Nepal

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? BAPAK GURU: Untung (kiri) bersama anaknya, Zahro, menerima penghargaa­n dari Unesa yang diserahkan langsung oleh Abdul Halim Iskandar kemarin (23/12).
RIANA SETIAWAN/JAWA POS BAPAK GURU: Untung (kiri) bersama anaknya, Zahro, menerima penghargaa­n dari Unesa yang diserahkan langsung oleh Abdul Halim Iskandar kemarin (23/12).
 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? PERGELARAN: Siswa-siswi TK di Surabaya Barat tampil dalam balutan kostum yang dibikin mahasiswa PG PAUD Unesa kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS PERGELARAN: Siswa-siswi TK di Surabaya Barat tampil dalam balutan kostum yang dibikin mahasiswa PG PAUD Unesa kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia