Jawa Pos

Rawan Macet di Proyek Box Culvert Bratang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengendara dari arah Jalan Raya Bratang Binangun sisi selatan harus melaju pelan saat bertemu dengan persimpang­an Wisata Kuliner Bratang (menuju Polsek Gubeng). Sebab, ada pengerjaan box culvert oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya di lokasi tersebut.

Kemarin siang (23/12) dua pekerja membongkar aspal jalan selebar 8 meter tersebut. Mereka mengerjaka­n 2 meter di sisi barat jalan dengan mesin bor. Pengerjaan itu merupakan bagian dari revitalisa­si saluran di kawasan tersebut.

Kabid Perancanga­n dan Pengawasan DPUBMP Surabaya Farhan Sanjaya menerangka­n, proyek box culvert itu dimulai sejak sebulan lalu. Panjangnya 300 meter. Diproyeksi­kan selesai akhir tahun ini. ”Niatnya begitu. Sebab, fasilitas jalan diperlukan oleh pengendara,” ungkapnya. Saat ini pengendara harus bersabar. Apalagi pengerjaan tepat berada di dekat lampu lalu lintas.

”Wajar terjadi kepadatan. Ya, wajib berjalan pelan kalau melintas,” tuturnya. Farhan menjelaska­n bahwa proyek saluran tersebut bagian dari perbaikan saluran yang sempat mampet karena banyak sampah yang menumpuk. Belum lagi terjadi pendangkal­an akibat aktivitas pengendara yang memberikan tekanan pada saluran.

Farhan menilai tidak mengalami kendala berarti sejauh ini. Hanya, pengerjaan agak lama karena sempat diguyur hujan. ”Beberapa dinding saluran belum kering. Jadi, petugas melakukan perbaikan ulang. Itulah yang membuat pengerjaan lama,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Gubeng Suprayitno menyatakan segera memeriksa pengerjaan saluran tersebut hari ini. Sebab, warga sekitar mengeluhka­n akses yang tinggal seperempat dari luas jalan. ”Kami segera koordinasi dengan DPUBMP Surabaya untuk mempercepa­t pengerjaan,” ujarnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? JALAN JADI SEMPIT: Dua pekerja membongkar aspal di Jalan Bratang Binangun untuk pemasangan box culvert kemarin (23/12).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS JALAN JADI SEMPIT: Dua pekerja membongkar aspal di Jalan Bratang Binangun untuk pemasangan box culvert kemarin (23/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia