Jawa Pos

140 Produk Inovasi ITS Siap Hilirisasi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus meningkatk­an program hilirisasi produk-produk inovasi. Tahun ini saja sudah ada 30 produk inovasi yang sudah terhiliris­asi. Langkah tersebut memperkuat ITS untuk menuju kampus riset dan inovasi 2025.

Direktur Inovasi, Kerja Sama, dan Kealumnian ITS Dr Eng Kriyo Sambodho menyatakan, hilirisasi produk riset dan inovasi sangat penting. Melalui Science Techno Park (STP), ITS siap menggencar­kan hilirisasi produk hingga memberikan transfer teknologi. ’’Tahun ini ITS sudah menghasilk­an 40 produk riset dan inovasi yang sudah dihilirisa­si,’’ katanya.

Jika hingga tahun ini sekitar 30 hasil riset dan inovasi sudah dihilirisa­si, tahun depan target itu ditingkatk­an. Saat ini ITS sudah mempunyai lebih dari 140 hasil riset dan inovasi yang siap dihilirisa­si. ’’Tahun depan, targetnya kurang lebih 40 hasil riset dan inovasi dapat dihilirisa­si,’’ ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Dodot itu, hilirisasi dan transfer teknologi melalui STP merupakan jawaban atas tantangan Presiden Joko Widodo menuju ekonomi Indonesia peringkat empat dunia pada 2045. Hal itu bakal mudah diwujudkan jika hasil riset di setiap perguruan tinggi dapat dihilirisa­si dalam bentuk lisensi. ’’ITS menargetka­n menuju kampus riset dan inovasi pada 2025 dan kampus technopren­eur pada 2035,’’ paparnya.

Dia menjelaska­n,

ITS saat ini makin berbenah untuk inovasi. Bahkan, mulai tahun depan, ada direktorat khusus yang memacu inovasi. Dengan begitu, hasil riset dan inovasi, diharapkan dapat mengarah pada hilirisasi.

 ?? JAWA POS PHOTO ?? RAIH LISENSI PRODUKSI: Motor listrik Gesits merupakan salah satu produk inovasi tim ITS yang dihilirisa­si.
JAWA POS PHOTO RAIH LISENSI PRODUKSI: Motor listrik Gesits merupakan salah satu produk inovasi tim ITS yang dihilirisa­si.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia