Jawa Pos

Abah Ipul Akan Tanya Calon Satu Per Satu

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kapasitas dan komitmen menjadi kata kunci Bupati Saiful Ilah. Karena itu, sebelum memilih 8 di antara 24 calon kepala dinas yang lolos seleksi, Saiful akan mengetes mereka sendiri.

’’Akan saya tanya satu per satu,’’ ujarnya kemarin. Wawancara itu semacam tes kecil. Tujuannya, lanjut Abah Ipul, melihat kapasitas dan komitmen calon kepala dinas.

Bagi Abah Ipul, sapaan bupati, tes kecil itu sangat dibutuhkan. Dia perlu benar-benar yakin sebelum memilih calon pejabat eselon II. Belum tentu peserta yang lolos seleksi layak menempati posisi yang dipilih. ’’Bisa jadi, peserta memiliki potensi di jabatan lain,’’ ucapnya.

Tahap seleksi eselon II tuntas pekan lalu. Namun, lanjut dia, saat ini nama-nama peserta seleksi eselon II belum sampai ke meja kerjanya. Sebab, hasil tes masih ditelaah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). KASN melihat apakah tahap seleksi sudah berjalan sesuai ketentuan atau belum. ’’Dalam beberapa hari telaah selesai,’’ ungkapnya. Kapan calon kepala dinas ditetapkan? Abah Ipul berharap secepatnya.

Kabid Mutasi Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Ira Krisnawati menyatakan belum bisa memastikan waktu pelantikan pejabat baru. Pemkab harus mendapat rekomendas­i dari KASN lebih dulu.

Sebab, dari delapan jabatan yang akan diisi, ada yang belum pensiun. Contohnya, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Handajani, Kepala Dinas Sosial Eko Udijono, Kepala Dinas Pemberdaya­an Masyarakat Desa (PMD) Ali Imron, serta Kepala Dinas Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak Keluarga Berencana (P3A KB) Ika Harnasti. Empat pejabat itu baru pensiun pada awal 2020.

 ?? DOK. ?? Saiful Ilah
DOK. Saiful Ilah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia