Jawa Pos

Kejati Mediasi Lahan Pipa SPAM Umbulan

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Gubernur Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaa­n kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim. Sebab, proyek SPAM Umbulan segera terealisas­i. Salah satunya berkat kinerja tim kejaksaan. Khususnya menyangkut kesiapan lahan untuk pemasangan jalur pipa di lima daerah.

Selama pemasangan pipa, terjadi beberapa penolakan yang dilewati pipa berdiamete­r 190 sentimeter tersebut. Baik oleh warga pemilik lahan, pengembang perumahan kecil dan besar, maupun pihak lain. Jaksa pengacara negara berhasil menuntaska­nnya.

Kepala Kejati Jatim Muhammad Dhofir menyatakan, timnya melakukan pendamping­an terkait dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) bidang perdata dan tata usaha negara (datun). Memang, lanjut dia, ada beberapa warga yang tidak sepaham dengan maksud dan tujuan proyek SPAM Umbulan itu sendiri. ’’Maksudnya (proyek) bagus itu untuk air bersih yang melayani lima kabupaten dan kota,’’ katanya.

Karena itu, kejaksaan turun tangan guna mengklarif­ikasi adanya keberatan tersebut. Menurut Dhofir, kejaksaan menyelesai­kan permasalah­an tersebut dengan melakukan mediasi. Tujuannya, mendorong proyek demi kepentinga­n umum. Yaitu, menyediaka­n air bersih bagi masyarakat. Sebab, ada prosedur yang terlewati. ’’Alhamdulil­ah bisa berjalan,’’ tuturnya.

SPAM Umbulan direncanak­an memasok air untuk lima daerah di Jatim. Yakni, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, serta Gresik. Lima daerah tersebut akan memperoleh pasokan air dari salah satu sumber terbaik di dunia itu sesuai dengan kebutuhan.

Dalam soft launching KPBU SPAM Umbulan di Porong Minggu sore (22/12), Khofifah menekankan pentingnya pasokan air bagi pelanggan masyarakat berpenghas­ilan rendah (MBR). Dia menyampaik­an amanat DPRD Jatim. Isinya, meminta tarif air Umbulan tidak terlalu mahal sehingga tidak memberatka­n warga.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWAPOS ?? SIAP MELAYANI: Fasilitas off take SPAM Umbulan di Desa Juwet Kenongo, Porong.
DIMAS MAULANA/JAWAPOS SIAP MELAYANI: Fasilitas off take SPAM Umbulan di Desa Juwet Kenongo, Porong.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia